Tips Anak Hafal Al Qur'an Sejak Dini




Anak merupakan amanah yang Allah SWT berikan kepada hambaNya yang ia percaya.Oleh sebab itu nanti dihari akhir akan diminta pertanggung jawabanya atas anak tersebut.

Ketika anak lahir, anak itu  ibarat kertas putih dan orang tua bagaikan pensilnya, orang tualah yang menentukan anak itu mau menjadi apa nantinya. Orang tualah yang menjadikan anak itu sholeh atau tidaknya. 

Sebagaimana yang ditegaskan Imam Ghazali, ia mengatakan :

" setiap anak adalah amanah bagi orangtuanya. Setiap anak memiliki Qalbu ( hati) suci sebagai mutiara atau perhiasan yang berharga. jika setiap anak dibiasakan dengan hal-hal yangn baik, ia akan tumbuh dengan kebaikan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.Sebaliknya jika dibiasakan berbuat yang tidak baik dan ditelantarkan pendidikannya seperti hewan, ia akan celaka dan merugi. Oleh karena itu, setiap anak harus dilindungi dengan cara mendidik, meluruskan, dan mengajarkannya akhlak yang baik". 

Perkataan Imam Al Ghazali di atas memotivasi orang tua untuk mengajarkan anaknya hafal al Quran sejak dini, tapi mereka bingung bagaimana cara agar anak hafal al qur'an sejak kecil. 

Berikut Tips Anak Hafal Al Qur'an Sejak Dini

Membiasakan anak dengan Ayat suci.




Mengajarkan anak dengan ayat suci bisa dilakukan ketika anak masih dalam kandungan, yaitu dengan cara mendengarkan lantunan ayat suci. Sehingga telinga anak akrab dengan al - Qur'an sehingga mempermudah proses mengajarkan nya ketika lahir. karena pada usia kehamilan memasuki usia 18 minggu pendegaran anak sudah berkembang. Tentu saja inin merupakan awal untuk kita mengenalkan al Qur'an kepada anak.


Pasangkan vidio dihadapan anak.



Diera digital saat ini, anak usia dini mulai tertarik dengan media digital , maka gunakan media tersebut untuk mengenalkan al qur'an .misalnya melalui aplikasi game atau ytb. tentu saja ini menarik bagi anak sehingga memudahkan anak untuk cepat hafal al Quran.


 Menggunakan Flash Card.



Anak usia dini biasanya sangat suka dengan flash card, yaitu kartu berwarna .maka isilah kartu tersebut dengan bentuk huruf hijaiyah. Anak juga harus tahu seperti apa huruf hijaiyah tersebut dan memudahkan anak untuk membacanya nanti. karena banyak anak yang hafal al Qur'an dimulut saja tapi belum mampu membaca al Qur'an


Menguji bacaan anak.




Mulailah menguji hafalan anak jika dia sudah bisa menghafal al- Qur'an , dimulai dari aurat pendek yang terdapat di Juz 30. 

Berikan Rewards.



Orang tua perlu memberikan pujian kepada anak jika anak menghafal al -quran dengan baik guna memberikan motivasi anak dan tetap memberikan perbaikan jika anak melakukan kesalahan.

Doakan Anak Menjadi Anak Sholeh/a

Selain ikhtiar di atas, orang tua juga harus mendoakan anak agar ia tumbuh menjadi anak sholeh atau sholeha. Bantu anak agar ia mudah menghafal setiap ayat suci Allah. 


Itulah tips agar anak cepat hafal al qur'an sejak dini.

semoga bermanfaat.....

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close