Cara Membuat Donat Bomboloni




Donat merupakan cemilan yang berbahan dasar tepung. Biasanya donat berbentuk bulat dengan diberi lubang ditengahnya, lalu diberi toping seperti gula, coklat atau keju.

lama-kelamaan donat hadir dengan bentuk, dan rasa yang berbeda. Kali ini ada donat yang berbentuk bulat namun diberi lubang kecil diujungnya untuk diberi isian berupa selai dan ditaburi gula halus. Donat ini diberi nama donat bomboloni.

Donat Bomboloni sangat mudah dijumpai mulai dari toko kue, pasar, mall dan pedagang kaki lima. '
tapi tidak ada salahnya untuk kamu mencoba membuatnya dirumah. karena  cara buatnya gampang, bahan mudah didapatkan dan rasanya juga weenakk..

untuk kamu yang penasaran dengan cara buatnya, yuk ikutin langkah-langkah dibawah ini.

Cara Membuat Donat Bomboloni




BAHAN-BAHAN 


  • 200 gr tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
  •  3 sdm gula halus (aku pakai gula pasir yg aku blender sampai halus) tujuan pakai gula halus biar lebih cepat kalis
  • 2 kuning telur
  • 10 gr susu bubuk
  •  1 sdt ragi instan (fermipan)
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 ml susu hangat
  • 30 gr margarin\
  • 1/4 sdt garam

ISIAN 

  • Selai coklat dan strawberry

CARA BUAT 

  1. Aku akan tes keaktifan ragi dengan cara : Masukkan ragi instant ke dalam susu hangat, tambah 1 sdm gula pasir. Aduk2 lalu tutup dan diamkan 5-7 menit (kalau berbuih, tanda masih aktif dan bisa di gunakan). Kalau gak berbuih, tanda sdh mati dan buang. Ganti ragi yg baru. 
  2.  Siapkan wadah agak besar : masukkan terigu, gula halus, susu bubuk, aduk rata. Tambahkan kuning telur dan larutan ragi td. Kemudian uleni dgn mixer (biar cepet). Uleni hingga setengah kalis. 
  3. Kalau udah setengah kalis, tambahkan margarin dan garam. Mixer lagi hingga kalis elastis. Tanda kalis elastis (adonan ga lengket di baskom, saat di tarik jadi lentur, kalau di bentang tipis gak mudah sobek). Kalau udah, bulatkan dan letakkan dalam wadah lagi. Tutup dgn kain bersih/plastik wrap. Diamkan di tempat hangat 25 menit sampai mengembang 2x lipat. 
  4. Kalau udah, tusuk2 adonan biar gas di dalamnya keluar. Lalu bagi menjadi 12 bagian sama besar (atau sesuai selera). Bulatkan, gilas pake rolling pin. Bulatkan lagi dan agak pipihkan dgn tangan, lalu sisihkan. Lakukan sampai habis. Istirahatkan lagi 25 menit (tutup kain). 
  5.  Goreng di minyak yg udah agak panas, pakai api kecil. Kalau bagian bawah udah kecoklatan, balik donat. Cukup balik sekali aja biar ga banyak menyerap minyak. Kalau uda matang, angkat dan dinginkan. 
  6. Setelah dingin, gulingkan di atas gula salju sampai rata. Lubangi dgn sumpit (tp jgn sampai tembus belakang). Semprot selai di dalamnya sampai penuh. Sajikan.
selamat mencoba.....
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close