-->

Cara Mengenalkan Tauhid Kepada Anak Usia Dini




Keluarga merupakan sekolah pertama untuk anak-anak. Sebagai orang tua, Anda perlu membimbing si kecil terkait banyak hal. Termasuk untuk mengajarkan Tauhid kepada anak-anak sedari dini.

Ketika masih berusia dini, anak-anak memang perlu diajarkan berbagai hal terutama hal yang penting dalam hidupnya. Mempelajari agama, akan menjadi salah satu fondasi yang penting untuk anak bisa hidup dengan lebih tenang dan baik.

Mengajarkan pengertian tauhid berarti mengajarkan tentang keesaan Allah SWT dan mempercayai bahwa Allah hanya satu. Memang tidak mudah untuk mengajari si kecil tentang sesuatu yang tidak bisa mereka lihat.

Mereka akan menanyakan berbagai pertanyaan yang membuat Anda bingung untuk menjawabnya. Lalu, bagaimana tips mengajarkan tauhid pada anak?

Cara Mengenalkan Tauhid Kepada Anak Usia Dini

 Keyakinan.


 مَوْلُوْدٍ يُوْلَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ، حَتَّى يُعْرِبَ عَنْهُ لِسَانُهُ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ

Kita sebagai orang tua hendaknya menyadari dengan sepenuh hati bahwa anak-anak kita adalah amanah besar dari Allah swt akan keberlangsungan bumi dan agama ini. Memang terkesan berat, tapi sebetulnya Allah telah menyelesaian separuh tugas kita, karena Rasulullah saw telah sampaikan kepada kita bahwa anak itu lahir dalam keadaan fitrah.
Mengenalkan sosok Allah kepada anak tentu berbeda dengan mengenalkan benda-benda konkrit seperti rumah, hewan, tumbuhan, dan segala sesuatu yang bisa dilihat atau diraba. Memang terkesan sulit mengenalkan Allah karena tak bisa kita rasakan dengan indera. Akan tetapi, kita tak perlu khawatir karena Allah swt menciptakan anak kita terlahir suci dan mudah menerima kebenaran. 

Tauladan.


Anak merupakan peniru ulung dan dia bisa meniru berbagai hal yang dilihatnya. Baik itu hal negatif maupun hal positif, anak-anak akan meniru dan mempelajarinya dengan cepat.

Oleh karenanya, dalam mengajarkan tauhid kepada ana-anak, Anda juga harus bisa menjadi teladan yang baik. Sebagai orang yang paling dekat dengan mereka, tunjukkan bagaimana Anda berperilaku dan beribadah sehari-hari.

Teruslah bermuhasabah dan istiqomah untuk menjadi sosok yang lebih baik lagi agar anak bisa menjadi lebih baik pula. Ketika orang tua menunjukkan berbagai hal yang baik, maka anak Anda pun tidak ragu untuk mengikutinya.


Pembiasaan.

Yakinkan bahwa Allah swt itu ada,Sebelum kita menjelaskan hal-hal yang rumit, yakinkan anak dulu bahwa Allah itu ADA! Gimana caranya Dengan menyaksikan ciptaan-ciptaan-Nya.

-Sejak anak mulai bisa diajak ngobrol (mungkin sekitar 1.5 sampai 2 tahun) sering-sering bawa mereka keluar rumah, melihat alam sekitar, sambil katakan,”Yang bikin matahari/ bulan/bintang/awan/padi/kambing/sapi/ itu Allaah.” Hal ini diulang terus menerus hingga suatu saat kita coba bertanya,”Siapa yang bikin kambing, Nak?” Dia akan dengan antusias menjawab,”Allaah.” Berarti si kecil ini sudah tahu bahwa ada Zat yg bernama Allah.
-Saat si kecil semakin berkembang otak dan kemampuan berpikirnya, dia akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang cukup rumit, ”Kenapa Allah buat aku sakit? Kenapa Allah turunkan hujan? Kenapa Allah kasih aku otak, darah, jantung? Dsb.” Saat obrolan semakin menarik, berarti anak semakin yakin akan eksistensi Allah. Maka saatnya kita mulai diskusi yang lebih kompleks.




Mengenalkan Ibadah




Sebagai umat muslim, tentunya kita harus melakukan ibadah yang telah diperintahkan oleh Allah Swt. Agar anak terbiasa untuk melakukan ibadah, maka Anda harus memperkenalkannya dan mengajak mereka beribadah sejak kecil.

Ajaklah mereka untuk salat bersama meskipun belum mengetahui apa bacaan dalam setiap gerakan salat. Luangkanlah waktu untuk mempelajari iqro sebagai salah satu langkah agar lancar membaca Alquran.

Beritahu mereka bahwa Allah menyukai orang yang beribadah dan melakukan hal-hal baik. Tidak hanya sekadar memberi tahu namun Anda juga bisa untuk mengajak si kecil dalam setiap ibadah.

Mulai dari bersedekah, mengikuti pengajian, datang ke masjid, dan berbagai ibadah lainnya.


0 Response to "Cara Mengenalkan Tauhid Kepada Anak Usia Dini"

Post a Comment