Menikmati Keindahan Bukit Batu Manda Kabupaten Lima Puluh Kota

Sumber: Wisatakita
Bukik Batu Manda merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat indah, dan salah satu objek wisata kebanggaan masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota. Objek wisata ini masih tergolong baru, dan belum banyak orang yang mengetahui tentang objek wisata ini.

Namun bagi para traveler yang sangat hobi dengan berwisata ria tentu tempat yang satu ini sudah tidak asing lagi. Jika anda sudah datang ke tempat ini pasti waktu akan terasa berlalu sangat cepat, hal ini dikarenakan anda merasa ingin berlama-lama di lokasi ini.

Jika anda sudah sampai di atas puncak Bukit Batu Manda Sumbar ini, ada dapat melihat keindahan alam yang tiada tara. Jika anda melihat kearah belakang, anda akan melihat hamparan puncak bukit yang ditumbuhi rumput-rumput hijau. Sedangkan jika menghadap ke arah depan maka anda dapat melihat perkampungan penduduk dan ribuan pohon kelapa yang tumbuh subur dan menjulang tinggi.

Baca Juga: Padang Mangateh, Peternakan Sapi Seperti Desa Hobbiton New Zealand

Batu Dengan Kekuatan Mistis

View utama dari objek wisata Bukik Batu Manda sendiri adalah sebuah batu besar yang agak menggantung berdiri kokoh di atas puncak bukit. Menurut masyarakat setempat batu ini merupakan batu tertua yang sangat bersejarah, dan juga batu ini juga seperti memiliki kekuatan mistis sehingga dapat menggantung dalam waktu yang sangat lama.

Apabila batu ini adalah batu biasa tentu jika terjadi sedikit gempa bumi akan langsung jatuh. Seperti kita ketahui 2 gempa besar sudah terjadi di tahun 2004 dan 2009 namun batu ini tetap berdiri kokoh dan tidak bergeser sedikitpun. Itulah kekuasaan Allah Subhanahuwata'ala.

Keberadaan batu yang berada diatas bukit dan sangat unik, memjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.


Keindahan Alam Yang Indah

Sumber: @afifah_ua
Jika anda sudah sampai dilokasi dan berdiri di atas batu ini anda akan melihat view  yang sangat indah. Dari atas batu ini anda dapat melihat keindahan alam yang diciptakan oleh Sang Kuasa, perbukitan, perkebunan, dan sawah-sawah penduduk.

Disini juga terdapat banyak sekali spot foto yang instagramable baik itu ketika anda berada di atas batu, maupun dibawah. Jika dari bawah, Batu Manda bisa menjai latar belakang foto, sedangkan jika berada di atas batu semua sisi bisa dijadikan latar belakang tergantung keinginan masing-masing.

Bagi anda yang menyukai wisata alam terbuka, tempat ini adalah salah satu pilihan terbaik yang patut untuk dikunjungi. Saking indahnya alam di tempat ini tidak jarang juga para pecinta alam datang untuk berkemah di Bukit Batu Manda ini.

Baca Juga: Harau Valley, Wisata Alam KabupatenLima Puluh Kota

Akses Lokasi Objek Wisata Batu Manda

Sumber: @arifrahman.98
Lokasi dari objek wisata ini berada di Desa Belubus Sungai Talang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Akses ke lokasi ini juga tidak lah sulit, anda dapat menggunakan kendaraan ruda dua maupun roda empat. Namun untuk mencapai puncak bukit anda harus memiliki stamina yang ekstra.

Jika anda dari Kota Payakumbuh, butuh perjalanan dalam waktu 30-45 menit untuk samapi ke lokasi objek wisata Batu Manda.

Dengan ketinggian kurang lebih 550 mdpl, dari atas Bukit Batu Manda ini anda dapat merasakan udara yang segar dan sejuk. Seolah tak ingin beranjak, tempat ini selalu ramai dikunjungi setiap minggunya oleh para wisatawan.

Biasanya para wisatawan tidak segan untuk memanjat sampai puncak batu yang memiliki tinggi kurang lebih 10 meter curam menjulang ke atas demi mendapatkan spot foto yang sempurna dan mendapatkan pose terbaik. Tempat ini semakin hits dan dikenal oleh para wisatawan setempat maupun luar kota. Akibat banyaknya tersebar foto-foto dan video yang dibagikan ke sosial media oleh para pelancong yang berdatangan ke Bukit Batu Manda ini.

Baca Juga: Air Terjun Lubuak Bulan, Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota

Lokasi detail Bukit Batu Manda

Sumber: @thliahg

Berada di Jorong Belubus, Nagari Sungai Talang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota. Kamu bisa menempuh perjalanan darat yang berjarak kurang lebih 15 km dari kota Payukumbuh dengan melewati Jalan Tan Malaka ke arah Suliki nantiinya ada belok ke arah kanan dimana jalan ini langsung menuju ke Jorong Belubus.

Setelah sampai di Belubus, tentunya anda masih harus melakukan perjalanan dan menitipkan kendaraan di sekitar lokasi. Perjalanan selanjutnya anda tidak lagi dengan menggunakan kendaraan beroda dua maupun roda empat, melainkan anda harus melakukan trekking untuk bisa sampai ke puncak Bukit Batu Manda.

Nah anda tertarik untuk berkunjung?

Saran

Jangan datang ketika musim penghujan, karena jika anda datang dimasa musim penghujan jalanan menuju ke puncak bukit sangatlah licin. Pengalaman ketika penulis datang ke lokasi ketika musim penghujan, jalanannya sangat licin dan menambah adrenalin. Namun ketika sampai di puncak semua rasa capek menjadi tergantikan, ups tapi jangan senang dulu, ketika sukses naik namun untuk turunnya juga sangatlah sulit. Tetapi jika anda tipikal orang yang tidak takut berkotor-kotoran dengan tanah liat, boleh dicoba tuh untuk datang di musim penghujan.

13 Responses to "Menikmati Keindahan Bukit Batu Manda Kabupaten Lima Puluh Kota"

  1. Saya pernah kesana, tempatnya memang indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali kk... terimakasih sudah berkunjung y kk

      Delete
  2. Min, kenapa ga bikin artikel tentang objek wisata lainny selain Bukik Batu Manda?

    Saya lihat disini baru 5 objek wisata yang dibuat...

    Sekedar saran nih min, bikin artikel tentang bukik bulek, kayu kolek, panorama ampang, jembatan ratapan ibu dan beberapa objek wisata lainnya yg ada di payakumbuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas sarannya kk, nanti akan saya coba buatkan. Sekarang saya agak sibuk, krn harus ngurus 5 web sekaligus. Tambah lagi saya juga punya pkerjaan di sebuah perusahaan.

      Rencananya nanti saya akan cari penulis untuk mengisi keseluruh web saya.

      Hehehe

      Capek ngurus sendiri semuanya... kl ada yg bantu kan enak.

      Delete
    2. Emang kerja dimana min? Wah gitu ya min tetap semangat ya min...

      Delete
    3. Saya kerja di PT Pos Indonesia kk...

      Terimakasih kk

      Delete
  3. Wah lokasi ini cocok untuk bagi pasangan prewed nih...

    ReplyDelete
  4. Tempatnya memang keren, semoga alamnya tetap dapat terjaga selalilu.

    ReplyDelete
  5. Batu yang unik, selain itu daerahnya juga asri

    ReplyDelete
  6. Bukit Batu Manda memang it the best, objek wisata alam yang sangat memukau dan wajib untuk dikunjungi

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel