Wisata Ngalau Indah Payakumbuh Sumatera Barat

Sumber: Indonesia Kaya
Wisata Ngalau Indah. Payakumbuh bagaikan dari daerah Sumatera Barat. Kawasan ini dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan yang menjulang di berbagai penjuru. Setidaknya, ada tiga gunung besar yang puncaknya dapat dilihat dari kota ini, yaitu, Gunung Sago, Gunung Marapi dan Gunung Singgalang. Di samping gunung-gunung tersebut, ada beberapa puncak perbukitan yang menjadi penghias bentangan alam Kota Payakumbuh.

Keindahan panorama alam dari puncak-puncak bukit yang ada di dalam kota ini menjadi suatu daya tarik bagi sektor pariwisata. Dimana, beberapa di antaranya dikembangkan sebagai aset wisata alam unggulan di kota terbesar ketiga di Provinsi Sumatera Barat.

Ngalau Indah

Salah satu di antaranya ialah Puncak Ngalau Indah. Objek wisata alam ini menggabungkan keindahan panorama kota dengan suasana wisata alam yang sejuk dan menyenangkan. Objek ini berupa sebuah gua alam yang memiliki beberapa mulut gua sebagai akses masuk dan keluar. Di dalam gua Ngalau Tarang ini kita dapat melihat keindahan stalagtit dan stalagmit yang masih terjaga dengan baik.

Gua ini dihuni oleh banyak kawanan kalelawar yang membuatnya senantiasa dipenuhi suara riuh sepanjang waktu. Selain kalelawar, terdapat burung walet yang bersarang diantara celah-celah langit-langit goa yang menjulang dengan tinggi sekitar 10 meter.
Sumber: Evan Reisha

Batu Gong

Di dalam gua yang berada di ketinggian 640 mdpl ini juga terdapat sejumlah bagian dari gua yang memiliki bentuk unik dan sangat khas. Salah satu diantaranya ialah batu gong. Batu gong adalah sebuah batu bentuk seperti kerucut berongga atau menyerupai lonceng yang dapat memantulkan suara.

Letaknya tepat berada di sisi kiri dari pintu masuk ke gua. Bentuknya yang unik, membuat batu ini dapat menghasilkan pantulan suara yang cukup nyaring. Di dalam goa ini ada pula dua buah batu yang terletak berdampingan secara vertikal dengan bentuk menyerupai gajah dan jamur. Selain itu, ada juga yang memiliki bentuk kelambu, payung, dan manusia.
Sumber: kmstours

Trek Perjalanan

Trek perjalanan menyusuri jalan setapak dari pintu masuk gua hingga pintu keluar gua berjarak kurang lebih sekitar 80 meter. Jalur setapak tersebut tidak mendatar tetapi berupa jalur menanjak dan menurun yang memiliki banyak anak tangga.

Ada juga pintu keluar lain menuju trek kearah Puncak Marajo dengan jarak sekitar 1 km. Selain menjelajahi gua, pengunjung juga dapat menikmati ke indahan panorama alam Kota Payakumbuh secara utuh di tengah taman dengan pepohonan yang rindang dan angin semilir.

Akses menuju gerbang masuk objek wisata ini melalui Jalan Soekarno-Hatta. Dari gerbang masuk hingga ke area parkir kita akan melalui jalur menanjak yang berjarak kurang lebih 800 meter. Jalur ini  dikelilingi oleh kawasan hutan wisata seluas kurang lebih 10 Ha yang menjadikannya menyejukkan mata yang memandang.
Sumber: Tabloid Bijak

Lokasi

Ngalau Indah terletak sekitar 4 km dari pusat Kota Payakumbuh atau kurang lebih 31 km dari Kota Bukittinggi. Pada akhir pekan, jalur menuju Ngalau Indah ini menjadi tempat favorit warga Kota Payakumbuh untuk olahraga atau sekedar berjalan-jalan bersama keluarga. Setiap minggunya kawasan ini juga menjadi ajang 'car free day' di Kota Payakumbuh.

Sumber artikel: Indonesia Kaya
Next Post Previous Post
17 Comments
  • Anonymous
    Anonymous May 26, 2019 at 7:04 AM

    Wah ini salah satu objek wisata yg potensial di Payakumbuh.

    • Alber Andesko
      Alber Andesko May 26, 2019 at 7:11 AM

      Terimakasih sudah berkunjung. Betul sekali om, dan sebenarnya masih banyak lagi objek wisata lainnya loh.

  • Fany Rahmayani
    Fany Rahmayani May 26, 2019 at 7:06 AM

    Saya belum pernah kesana, tp saya penasaran ingin mengunjungi objek wisata ini. Sepertinya menyenangkan

    • Alber Andesko
      Alber Andesko May 26, 2019 at 7:10 AM

      Terimakasih sudah berkunjung, Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca. Jangan lupa di share ya mbah Fany. Terimakasih

  • Anonymous
    Anonymous May 26, 2019 at 8:44 AM

    Semoga objek wisata ini selalu dapat dijaga.

    • Alber Andesko
      Alber Andesko May 26, 2019 at 6:55 PM

      Amin

  • Naura Lisa
    Naura Lisa May 26, 2019 at 8:40 PM

    Rekomended ini

    • Alber Andesko
      Alber Andesko May 26, 2019 at 8:41 PM

      Terimakasih sudah berkunjung

  • Rizal Me
    Rizal Me May 27, 2019 at 10:34 AM

    Ini objek wisata yang ada di kota ku tercinta, Payakumbuh City.

    • Alber Andesko
      Alber Andesko May 27, 2019 at 6:38 PM

      Terimakasih sudah berkunjung

  • Mona Lisa
    Mona Lisa May 28, 2019 at 7:54 PM

    Good

    • Alber Andesko
      Alber Andesko May 28, 2019 at 8:32 PM

      Terimakasih sudah berkunjung

  • Divatrian
    Divatrian June 10, 2019 at 1:36 AM

    Objek wisata ngalau indah merupakan salah satu objek wisata terfavorit yg ada di kota Payakumbuh. Objek wisata yg lokasinya tidak jauh dari pusat kota ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan di hari libur.

    Objek wisata alam yg rekomended dan menjadi kebanggaan masyarakat Payakumbuh

    • Alber Andesko
      Alber Andesko June 10, 2019 at 2:14 AM

      Terimakasih sudah berkunjung kk... semoga informasi mengenai objek wisata ngalau indah dapat bermanfaat bagi para pembaca

  • Anonymous
    Anonymous June 13, 2019 at 5:08 AM

    Website yang sanagat bermanfaat, semoga dapat terus berkembang ya min

    • Alber Andesko
      Alber Andesko July 4, 2019 at 9:41 AM

      Amin...

Add Comment
comment url
close