Harau Valley, Wisata Alam KabupatenLima Puluh Kota

Sumber: Tribunews
Perjalanan panjang selama 30 menit atau 18 km dari Kota Payakumbuh ke arah Pekanbaru tidak akan sia-sia karena anda akan disuguhkan pemandangan alam pegunungan, sawah dan jejeran air terjun indah dengan ketinggian sekitar 100 meter. Selain itu mata anda juga akan disuguhi dengan pemandangan sungai yang jernih. Ya, Lembah Harau merupakan lembah yang indah yang berada di daerah Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Tempat ini dikelilingi perbukitan batu granit berwarna-warni dan sangat terjal. Perbukitan ini memiliki ketinggian sekitar 100 sampai dengan 500 meter dari permukaan tanah.

Akses Ke Lokasi

Bagi anda yang ingin berkunjung ke lokasi Lembah Harau atau yang sering dikenal Harau Valley ini, dapat menggunakan transportasi umum dan nantinya juga dapat menyewa kendaraan minivan ataupun sepeda motors, selain itu anda juga dapat menyewa Bus Pariwisata isi 30 orang atau pun juga dapat membawa kendaraan pribadi. Harau Valley merupakan salah satu lembah indah kebanggaan masyarakat Minangkabau, sekaligus salah satu lembah terindah yang ada di Indonesia.

Sumber: @sumbar_rancak

Short Story Harau Valley

Dahulunya penduduk yang tinggal di atas Bukit Jambu sering mendapati bencana alam seperti banjir dan longsor. Sehingga hal ini menyebabkan kegaduhan dan kepanikan di tengah-tengah masyarakat. Sehingga penduduk pun bertiak-teriak histeris dan mengakibatkan sura merekan menjadi parau (suara serak). Dengan ciri suara penduduknya yang sebagian besar serak atau parau didengar, maka daerah tersebut dinamakan dengan ‘orau’ dan kemudian berubah nama menjadi ‘Arau’ hingga akhirnya penyebutan lebih sering menjadi ‘harau’.
Sumber: @aprodeanofika

Spot Foto Yang Instagramable

Di lokasi ini ada dapat melihat pagar tebing cadas yang curam dan lurus berwarna kemerah-merahan mengelilingi Lembah yang begitu indah dan menjadi salah satu spot foto yang bagus untuk di upload ke Instagram. Selain itu juga terdapat Bunta Waterfall atau air terjun yang ada di Lembah Harau atau yang biasa masyarakat sebut dengan Sarasah Bunta yang memiliki keindahan yang dapat menyejukkan mata. Serta disana juga terdapat lokasi yang di setting sehingga memiliki pemandangan seperti di luar negeri, contohnya seperti pemandangan di Eropa, Korea dan Jepang.

Climate and Weather

Harau Valley memiliki iklim tropis dan tanah yang subur, serta memiliki keindahan pemandangan alam yang menawan. Harau Valley juga dijuluki sebagai Lembah Yosemite nya Indonesia, karena memiliki keindahan nya seperti yang terdapat di Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California dimana taman nasional ini telah terkenal ke seluruh dunia.
Sumber: @dinievaberni


3 Air Terjun Sarasah

Asisten Residen Lima Puluh Kota, F. Rinner bersama Tuanku Laras Datuk Kuning Nan Hitam dan Asisten Demang Datuk Kodoh Nan Hitam merupakan orang-orang yang berperan dalam pembukaan Air terjun Sarasah Bunta pada tanggal 14 Agustus 1926.

Selain Sarasah Bunta juga terdapat Sarasah Aie Luluih, yang airnya mengalir melewati dinding batu dan dibawahnya terdapat kolam tempat mandi alami yang asri. Ada kepercayaan dari sebagian masyarakat bagi orang yang mandi atau membasuh muka di sini dapat mengobati jerawat dan muka akan terlihat cantik dan awet muda.
Sumber: @p.defriyanti

Terakhir Sarasah Murai, di tempat ini sering pada siangnya burung murai mandi sambil memadu kasih sehingga masyarakat menamakan ‘Sarasah Murai‘. Sehingga ada kepercayaan masyarakat bagi yang berdo'a dan mandi di tempat ini agar lekas mendapat jodoh.

Lembah Harau sebenarnya merupakan cagar alam yang memiliki luas sekitar 669 hektar. Dari hasil survei tim geologi yang berasal Jerman tahun 1980 menemukan berbagai jenis batuan yang identik dengan bebatuan yang terdapat di dasar laut berupa batuan breksi dan konglomerat. Dari cerita Legenda masyarakat Sarasah Aka Barayun juga menceritakan bahwa di sekitar Cagar Alam Lembah Harau dulunya adalah laut.

Fasilitas

Di Lembah Harau terdapat banyak sekali fasiltas seperti penginapan berupa homestay lengkap dengan fasilitasnya. Sehingga hal ini adalah solusi bagi anda yang ingin bermalam di lokasi ini.
Next Post Previous Post
10 Comments
  • Fino Ardian
    Fino Ardian May 29, 2019 at 11:40 PM

    Saya pernah kesana, dan lokasinya memang indah

    • Alber Andesko
      Alber Andesko May 29, 2019 at 11:41 PM

      Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa di share ya...

  • Windi Lestari
    Windi Lestari May 30, 2019 at 8:39 AM

    Harau memang the best... semoga objek wisata ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

    • Alber Andesko
      Alber Andesko May 30, 2019 at 8:40 AM

      Amin, semoga objek wisata ini dapat dikembangkan dan dapat membantu masyarakat sekitar

  • Novela
    Novela May 31, 2019 at 7:58 AM

    Beda ya Lembah harau dengan 5 tahun lalu, sudah jauh banyak berubah.

    Sekarang kl mau masuk kesana kita pun juga harus sabar karena saking ramainya org yg datang. Apalagi jika ada mobil pariwisata yg besar datang, alhasil akan mengakibatkan kemacetan.

    Ini penulis sendiri sudah pernah kesana belum?

    • Alber Andesko
      Alber Andesko May 31, 2019 at 7:59 AM

      Alhamdulillah udh pernah kk... semasa sebelum ada wahana dan tempat spot foto tahun 2013 dan di tahun ini... hehehe

    • Novela
      Novela June 3, 2019 at 6:14 PM

      Hmm... gitu ya min... seep lah kalau bisa buat juga tentang objek wisata menarik lainnya...

    • Alber Andesko
      Alber Andesko June 3, 2019 at 6:16 PM

      Assiap...

      Laksanakan kk... hehehe

  • Nadia Septi
    Nadia Septi June 9, 2019 at 9:04 PM

    Harau Valley atau Lembah Harau sekarang sudah terkenal sampai ke manca negara. Objek wisata ini memang keren

    • Alber Andesko
      Alber Andesko June 9, 2019 at 11:54 PM

      Terimakasih sudah berkunjun kk

Add Comment
comment url
close