Cara Mengobati Sakit Gigi Paling Ampuh dan Bisa di O Sendiri



Cara Mengobati Sakit Gigi Paling Ampuh dan Bisa di Obati Sendiri - Sakit gigi adalah masalah pada  gigi dan mulut yang kadang bisa mengubah mood kita karena rasa sakitnya yang sangat menyiksa. 

Banyak sekali cara mengobati sakit gigi yang biasa diterapkan oleh masyarakat umum. Baik itu menggunakan obat sakit gigi yang bisa di temui di apotik, obat alami yang sangat banyak tersebar di alam, berobat ke orang pandai dan berobat ke Dokter.

Memahami Sakit Gigi

Sakit gigi adalah rasa nyeri yang Anda rasakan di dalam atau di sekitar gigi. Intensitas nyeri yang ditimbulkan dapat berkisar dari ringan hingga parah. Anda bisa merasakan nyeri tajam yang terjadi secara terus menerus atau hilang timbul tidak menentu. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari tumbuh gigi, gusi bengkak, gigi berlubang, abses gigi (adanya nanah di dasar gigi), gigi retak/patah, tambalan gigi lama yang rusak dan lain sebagainya.

Gejala sakit gigi tidak hanya sekedar nyeri saja. Seringnya, kondisi ini disertai dengan banyak gejala lain yang tidak kalah menyiksa. Karena daerah rahang dan gusi yang berdekatan dengan gigi yang terinfeksi mengalami pembengkakan, Anda umumnya akan kesusahan untuk membuka mulut lebar-lebar. Akibatnya, proses menggigit dan mengunyah makanan jadi dua hal yang sulit dilakukan.

Sakit gigi juga dapat membuat gigi Anda  sangat sensitif terhadap makanan manis serta suhu panas dan dingin. Jika tidak cermat dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi, gigi Anda akan terasa semakin nyut-nyutan. Bahkan gejala sakit gigi juga sering disertai dengan pusing, demam, sakit telinga, sakit leher, dan bau mulut.  Keseluruhan gejala inilah yang membuat rasa sakit semakin menyiksa hingga menghambat aktivitas Anda sehari-hari.

Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan-Bahan yang ada di Rumah

Sebelum pergi ke dokter ada beberapa cara mengobati sakit gigi dengan bahan-bahan yang bisa kita temui di rumah. Nah berikut cara mudah dan sederhana yang bisa di lakukan guna meredakan sakit gigi untuk sementara waktu:

1. Mengkompres Menggunakan Es Batu

Sakit gigi berlubang biasanya disertai dengan pipi bengkak. Untuk meredakan kondisi tersebut, Anda bisa mengompres pipi yang bengkak dengan es batu. Cara mengobati sakit gigi satu ini termasuk yang paling mudah dan sederhana.  Selain meredakan bengkak, kompres dingin juga membantu untuk mengurangi nyeri serta perdarahan ke dalam jaringan gusi.

Kompres dingin dilakukan dengan cara membungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil. Lalu tempelkan handuk tersebut pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Biarkan selama 15 menit-20 menit. Ulangi cara ini setidaknya tiga kali dalam sehari atau sampai bengkak di pipi Anda mereda.

2. Kumur dengan Air Garam

Sejak dahulu berkumur pakai air larutan garam merupakan cara mengobati sakit gigi yang paling populer. Air garam terbukti membantu meredakan peradangan serta rasa sakit di gusi dan gigi. Sebelum berkumur pakai air garam, sebaiknya Anda melakukan flossing gigi terlebih dahulu untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi. 

Kemudian siapkan 1-2 sendok makan garam dapur, lalu larutkan ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik, setelah itu buang. Ingat, air larutan garam ini tidak untuk ditelan. Jadi, pastikan Anda memuntahkan air larutan garam setelah berkumur.

3. Obat Pereda Nyeri

Cara mengobati sakit gigi lainnya yang bisa Anda coba di rumah adalah minum obat pereda nyeri. Ada banyak obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek tanpa resep dokter. Pastikan Anda membaca petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label kemasan dengan teliti, khususnya ketika Anda mengalami sakit gigi saat hamil, dibutuhkan petunjuk dokter untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Ingat, jika nyeri di gigi Anda tidak juga membaik, jangan ragu untuk segera mencari pertolongan medis ke dokter. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan pengobatan yang tepat.

Selanjutnya Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Meredakan sakit gigi karena gigi geraham berlubang juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur rumah Anda. Namun bahan-bahan alami tidak selalu aman. Itu sebabnya, penggunaannya perlu dilakukan secara hati-hati dan cermat. 

Selain itu, ingat pula bahwa bahan-bahan alami hanya sebagai pertolongan darurat, bukan sebagai obat penyembuh. Berkonsultasi ke dokter adalah cara terbaik untuk mengobati sakit gigi yang sedang Anda alami.

1. Cengkeh

Mengutip Everyday Health, cengkeh memiliki sifat penghilang rasa sakit dan antibakteri alami.

Herbal ini sering menjadi bahan dalam pengobatan tradisional China dan India, di mana telah digunakan selama berabad-abad untuk segala macam sakit dan nyeri.

Jika Anda menderita sakit gigi, Anda dapat menggunakan cengkih kering sebagai obat alami yang efektif.

Cengkeh kering bisa Anda tempatkan di antara gigi yang sakit dan pipi.

Alternatifnya, Anda bisa mencelupkan kapas ke dalam campuran beberapa tetes minyak cengkeh dan sedikit minyak zaitun.

Kemudian, posisikan kapas yang sudah berminyak itu ke gigi yang sakit. Namun, campuran minyak cengkeh ini memiliki rasa yang tidak enak.

Disarankan untuk Anda berkonsultasi dengan dokter gigi Anda dahulu sebelum melakukannya.

Penggunaan minyak cengkeh tidak cocok untuk ibu hamil.

2. Bawang putih

Mengutip Healthline, bawang putih selama ribuan tahun telah digunakan untuk pengobatan. Bumbu dapur ini memiliki sifat antibakteri.

Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya penyebab plak gigi, tetapi juga dapat berfungsi sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakan bawang putih pada sakit gigi, Anda bisa menghancurkan siung bawang putih untuk membuat pasta dan mengoleskan ke area yang sakit.

Alternatifnya, Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan sebagai obat alami sakit gigi.

Namun Anda perlu hati-hati menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit gigi.

Mengutip Verywell Health, dalam laporan kasus yang diterbitkan di Primary Dental Journal, penggunaan bawang putih mentah yang dioleskan ke kulit untuk sakit gigi mengakibatkan luka bakar kimiawi yang signifikan di wajah.

Siung bawang putih mentah yang dihancurkan dibiarkan di mulut semalaman mengakibatkan luka bakar bawang putih (pengelupasan kulit dan bisul), menurut laporan kasus lain.

3. Cuka sari apel

Mengutip Verywell Health, cuka sari apel memiliki sifat antiseptik dan antiradang.

Itu yang membuat bahan dapur ini cocok untuk digunakan sebagai obat alami sakit gigi.

Cuka sari apel dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan meredakan nyeri.

Caranya, cukup celupkan bola kapas ke dalam cuka dan oleskan ke area gigi yang sakit.

4. Soda kue

Mengutip Verywell Health, soda kue memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri dan bengkak.

Selain itu, soda kue memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membersihkan area yang terinfeksi.

Anda cukup campurkan 2 sendok teh soda kue dengan air hangat. Lalu, kumurlah dengan campuran itu di sekitar area gigi yang sakit selama sekitar 30 detik. Kemudian, muntahkan.

5. Kayu manis

Mengutip Verywell Health, kayu manis memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Anda dapat memanfaatkan kayu manis sebagai obat alami sakit gigi dengan beberapa cara.

Anda bisa mencobanya dengan mengunyah atau mengisap batang kayu manis.

Selain itu, Anda bisa membuat pasta dengan mencampurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dengan 5 sendok teh madu dan mengoleskannya ke bagian gigi yang sakit.

6. Minyak kelapa

Mengutip Verywell Health, minyak kelapa dapat menjadi obat alami untuk membantu menghilangkan rasa sakit gigi karena memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Cobalah berkumur dengan 1 sendok makan minyak kelapa di sekitar gigi yang sakit selama sekitar 30 detik, lalu muntahkan.

7. Cabe rawit

Mengutip Verywell Health, cabai rawit adalah sumber capsaicin yang bagus untuk meredakan nyeri saraf, seperti sakit gigi.

Senyawa ini bisa menghalangi sensasi rasa sakit dari perjalanan antara otak dan saraf dalam gigi Anda.

Untuk mengguanakn cabe rawit sebagai obat alami sakit gigi, Anda perlu mencampurkan 2 sendok makan bubuk cabai rawit dengan 1/2 cangkir minyak kelapa.

Lalu, berkumur-kumurlah dengan campuran itu di sekitar gigi yang sakit, kemudian ludahkan.

8. Daun jambu biji

Mengutip Healthline, daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka.

Herbal ini juga punya aktivitas antimikroba yang dapat membantu perawatan mulut.

Untuk menggunakan obat alami ini, Anda bisa mengunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang dihancurkan ke dalam air mendidih untuk membuat obat kumur.

9. Ekstra vanila

Mengutip Healthline, ekstrak vanila mengandung alkohol, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

Ekstrak ini memiliki sifat antioksidan yang terbukti bisa menjadi obat penyembuh yang efektif.

Penting diketahui bahwa yang bermanfaat sebagai obat alami untuk mengobati sakit gigi adalah vanilla asli, bukan vanilla imitasi.

Untuk menggunakan obat alami sakit gigi, oleskan sedikit ekstrak vanila ke jari atau bola kapas.

Lalu, tempelkan ke bagian gigi yang sakit beberapa kali setiap hari.

10. Kantong teh peppermint

Mengutip Healthline, kantong teh peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit gigi dan menenangkan gusi yang sensitif.

Biarkan kantong teh bekas menjadi sedikit dingin sebelum Anda tempelkan ke area gigi yang sakit.

Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk mendinginkan area sakit gigi tersebut.

Untuk melakukan ini, masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya, lalu tempelkan kantong tersebut ke gigi yang sakit.

Nah itulah cara mengobati gigi paling ampuh, semoga sakit gigi anda cepat sembuh dan bisa beraktifitas seperti biasa lagi. Jangan lupa di share informasi ini ya, terimakasih

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close