-->

10 Air Terjun Tertinggi di Dunia

Air terjun tertinggi di dunia - Siapa bilang wisata alam hanya pantai atau pegunungan? Air terjun juga bisa menjadi salah satu pilihan wisata alam yang menarik, apalagi kalau air terjunnya adalah air terjun tertinggi di dunia! Air terjun sendiri memiliki arti sungai yang jatuh dari atas tebing berbatu menuju kolam terjun (plunge pool) di bawahnya.

Pergerakan air ini disebabkan karena pada hakekatnya, air bergerak dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Ada pengertian lain yang menyebutkan bahwa air terjun terbentuk oleh kekuatan eksternal, seperti gempa bumi, tanah longsor, atau perubahan permukaan laut yang mengganggu lanskap dan dasar sungai.

Karena air terjun bergerak dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah, beberapa air terjun di dunia terkenal dengan ketinggiannya. Berikut beberapa daftar air terjun tertinggi di dunia yang sayang banget untuk kamu lewatkan.

Air Terjun Tertinggi di Dunia

1. Angel Falls - Venezuela

Angel's Falls, Venezuela - air terjun tertinggi di dunia

Angel's Falls, Venezuela

Angel Falls atau Air terjun bidadari di Venezuela merupakan air terjun tertinggi di dunia, dengan ketinggian 3.212 kaki atau 979 meter. Apakah kamu dapat membayangkan, betapa tingginya Air Terjun Bidadari ini? Unesco menjadikan air terjun tertinggi di dunia ini sebagai situs warisan dunia di tahun 1994.

Selain ketinggiannya yang memukau, Angel Falls ini memiliki aliran air yang sangat deras dan mengalir ke sungai Churun. Sedikit sejarah, Angel Falls kerap disebut warga sekitar dengan sebutan el Salto Angel. Dimana penamaan tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada seorang pilot yang menemukan lokasi air terjun tersebut. James Crawford Angel lah yang menemukan lokasi air terjun tersebut, ketika dirinya sedang terbang, dan mencari lokasi tambang emas. Sebetulnya, nama asli yang diberikan penduduk asli setempat adalah Kerepakupai MerĂº yang berarti "waterfall of the deepest place".

Air terjun tertinggi di dunia ini dijadikan objek wisata dan dibuka pertama kali pada tahun 1962, dimana lokasi tersebut masih terjaga habitat keasriannya hingga masih dipenuhi dengan binatang-binatang liar. Tidak hanya sampai disitu, fakta lainnya jika ketika musim panas tiba, maka volume air terjun akan menurun, hasilnya air terjunnya cepat habis sebelum mencapai dasar tebing.

2. Tugela Falls - Afrika Selatan

Tugela Falls, Afrika Selatan - air terjun tertinggi di dunia

Tugela Falls, Afrika Selatan

Air terjun ini memiliki ketinggian 948 meter dan menjadi air terjun tertinggi kedua di dunia. Air terjun Tugela memiliki debit air yang sangat deras, apalagi saat musim hujan, debit air ini akan semakin besar dan deras. Dan yang menjadi daya tarik dari air terjun ini adalah, ketika hujan sudah reda maka akan terlihat pantulan cahaya matahari sore dari air terjun ini. Selain memiliki ketinggian yang dahsyat, Tugela Falls juga punya dinding yang cantik. Sesekali air terjun akan terpecah karena menghantam dinding batu yang menjorok keluar. Menariknya lagi di air terjun ini, terdapat lima lompatan air dari ketinggian 948 meter. Namun, baru-baru ini ekspedisi ilmiah Ceko melakukan pengukuran baru, dan hasilnya mencapai 983 meter.

3. Utigard Falls (Ramnefjellsfossen) - Norwegia

Utigard Falls, Norwegia - air terjun tertinggi di dunia

Utigard falls, Norwegia | Sumber Gambar: Wikipedia

Bila kamu sudah pernah mengunjungi air terjun paling tinggi sebelumnya, yang ketiga yang bisa ditelusuri adalah Utigard Falls yang terdapat di Norwegia. Ketinggian Utigard Falls mencapai 818 meter. Lokasi tepat dari air terjun ini berada di daerah Sogn, Oq Fjordane, Stryn. Kalau kamu pernah mendengar berita tentang bencana tanah longsor di pegunungan Ramon Fjellet, nah lokasi air terjun ini tidak jauh sana. Sedikit informasi, air terjun ini termasuk air terjun inti yang belum masuk ke dalam daftar penggunaan hidroelektrik di Norwegia.

4. Monge Falls (Mongefossen) - Norwegia

monge falls, norwegia - air terjun tertinggi di dunia - wikipedia

Monge Falls, Norwegia | Sumber gambar: Wikipedia

Masih di Negara Norwegia. Air terjun tertinggi keempat adalah Monge Falls dengan ketinggian 2.540 kaki atau 774 meter. Hanya berbeda 2 meter dari Gocta Cataracts, air terjun ini terlihat sangat cantik. Banyak juga wisatawan yang terjun bebas dari puncaknya. Sayangnya, air di Mongefossen saat ini sudah tak sederas dulu. Airnya digunakan sebagian untuk pembangkit listrik tenaga air. Jadi saat musim panas, bisa jadi Mongefossen tak akan mengeluarkan air sedikitpun. Air terjun ini terhubung dengan sungai yang bernama Mongebeck.

5. Mutarazi Falls - Zimbabwe

mutarazi falls, zimbabwe - air terjun tertinggi di dunia -

Mutarazi Falls, Zimbabwe | Sumber gambar: Wikipedia

Ternyata Zimbabwe memiliki salah satu wisata air terjun tertinggi di dunia loh! Air terjun Mutarazi atau sering dikenal Mtarazi terletak di Taman Nasional Nyanga, Zimbabwe. Terhubung dengan sungai Mutarazi, air terjun ini memiliki ketinggian 762 meter atau sama dengan 2.499 kaki.. Mutarazi atau yang dikenal dengan sebutan Mtarazi ini di aliri sungai yang dinamakan Mutarazi.

Jika kamu adalah seorang wisatawan yang suka dengan hal – hal menantang, silakan melakukan terjun payung dari puncaknya seperti yang dilakukan banyak pengunjung lainnya. Berbekal parasut, kamu bisa langsung melompat secara bebas dari salah satu air terjun tertinggi dunia ini dan akan sampai di dasar tanpa halangan. Terdapat dua aktivitas untuk kamu pemberani yang menambah pengalaman di Air Terjun Mutarazi, yaitu skywalk dan skyline.

Skywalk adalah dua jembatan gantung yang menghadap ke air terjun. Ini bukan untuk kamu yang lemah hati. Jembatan itu dapat goyah ketika lebih dari dua orang berada di atasnya. Tapi pemandangan air terjun dari sudut pandang ini tak tertandingi. Sedangkan, skyline adalah zipline 400 meter yang membentang dari satu sisi air terjun ke sisi lainnya. Ini adalah surga bagi para pencari sensasi yang memiliki nyali.

6. Yosemite Falls - Amerika Serikat

yosemite falls - amerika serikat - air terjun tertinggi dunia

Yosemite Falls, Amerika Serikat

Terletak di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat. Air terjun ini mempunyai ketinggian 2.425 kaki atau 739 meter dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di dunia. Air terjun yang berada di Paman Sam ini mempunyai anak sungai yang bernama Yosemite. Keunikan yang bisa dilihat dari lokasi wisata air terjun ini adalah adanya sejumlah lembah yang membuat jatuhnya air dari atas terpecah.

Kamu bisa menyaksikan percikan air cantik yang dihasilkan oleh benturan antara derasnya aliran air dengan lembah di bawahnya. Perlu diketahui bahwa lembah – lembah tersebut bukan lembah buatan, tapi justru terjadi secara alami di mana tekanan air besar dibuat oleh salah satu air terjun tertinggi dunia ini sehingga terciptalah lubang yang kemudian disebut lembah. Pengunjung bersiaplah merogoh kocek sekitar USD 60 atau sekitar Rp 802.500 demi bisa masuk dan menikmati kecantikan Yosemite Falls ini.


7. Pieman Falls - Australia

Terletak di Taman Nasional Alpine, Victoria, Australia. Air terjun ini mempunyai ketinggian 2.346 kaki atau 715 meter, sehingga menjadi air terjun tertinggi ketujuh di dunia. Air terjun Pieman ini di aliri anak sungai Pieman. Lokasinya yang dekat dengan Indonesia membuat air terjun ini sayang untuk dilewatkan. Jadi kalau kamu berkunjung dan berjalan – jalan di Australia jangan lewatkan Air Terjun Pieman ini ya. Bagi kamu yang suka dengan tantangan, kamu dapat melakukan lompatan dari air terjun yang memiliki ketinggian 2.346 kaki ini juga loh!


8. Espelands Falls - Norwegia

Espelands Falls, Norwegia - Air terjun tertinggi dunia

Espelands Falls, Norwegia

Kembali lagi ke Norwegia, terdapat Espelands Falls yang masuk ke dalam daftar air terjun tertinggi di dunia. Terletak di Hardanger Fjord, Norwegia. Air terjun ini mempunyai ketinggian 2.307 kaki atau 703 meter. Espelands atau Espelandsfoss di bawahnya mengalir sungai Opo.

9. Lower Mar Valley Falls (Ostra Mardalsfossen) - Norwegia

Lower Mar Valley Falls, Norwegia - air terjun tertinggi dunia

Lower Mar Valley Falls, Norwegia | Sumber gambar: Wikipedia

Lagi – lagi salah satu air terjun paling tinggi bisa Anda temukan di Norwegia dengan tingginya yang mencapai 655 meter kurang lebih. Berbeda dari air terjun lainnya yang disebutkan sebelumnya, air terjun satu ini sudah menggunakan hidroelektrik. Hampir 99% dari jumlah tenaga elektrik yang dihasilkan di Norwegia adalah dalam bentuk hidroelektrik.

Tenaga dari berbagai air terjun Norwegia itu terperangkap untuk menghasilkan hidroelektrik. Dengan begitu, air terjun ini alirannya tetap terjaga meski saat musim panas datang dan wisatawan pun akan tetap dapat menikmati pemandangannya dan tidak akan mengurangi jumlah banyak nya para wisatawan yang ingin berkunjung ke salah satu lokasi air terjun tertinggi di dunia ini.

10. Tyssestrengene Falls - Norwegia

Tyssestrengene adalah air terjun timur desa Tyssedal di Kota Ullensvang, di Vestland daerah, Norwegia. Air terjun ini berasal dari Sungai Tysso sebelum mengalir ke danau Ringedalsvatnet. Terdapat tebing di dekat air terjun ini yang bernama Trolltunga. Air terjun yang ada di Norwegia ini cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Air terjun ini memiliki pemandangan alam yang indah serta tebing – tebing yang tinggi yang mengelilingi air terjun ini. Dengan ketinggian 2.123 kaki atau 647 m, menempatkannya di posisi ke 10 daftar air terjun tertinggi di dunia.

Tentunya masih banyak lagi air terjun yang masuk ke dalam kategori tertinggi di dunia. Terdapat 42 air terjun tertinggi di seluruh belahan dunia ini. Wisata air terjun tertinggi di dunia dapat menjadi pilihan kamu ketika kamu liburan. Keindahan alam dapat kamu nikmati dengan menjaga alam sekitar air terjun di mana kamu mengunjunginya.


Sumber: Travelloka

0 Response to "10 Air Terjun Tertinggi di Dunia"

Post a Comment