Moms & Dads Harus Tau, 9 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa anak.




Bahasa sebagai suatu bentuk komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Bahasa kita perlukan untuk berbicara dengan orang lain, mendengarkan orang lain, membaca, dan menulis.

Oleh karena itu  kemampuan berbahasa merupakan aspek penting yang perlu dikuasai anak, tapi tidak semua anak mampu menguasai ini. Ketidakmampuan anak berkomunikasi secara baik karena keterbatasan kemampuan menangkap pembicaraan anak lain atau tidak mampu menjawab dengan benar. Selain itu, masalah perkembangan bahasa terkait dengan terbatasnya pembendaharaan kata anak, gangguan artikulasi seperti sulit mengucapkan huruf r, sy, l, f, z, s, atau c. 

Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan bahasa anak, produk bahasa mereka meningkat dalam kuantitas, keluasan dan kerumitannya. Anak- anak secara bertahap berkembang dari melakukan ekspresi menjadi melakukan ekspresi dengan berkomunikasi.

 Mereka biasanya telah mampu mengembangkan pemikiran melalui percakapan yang dapat memikat orang lain. Mereka dapat menggunakan bahasa dengan berbagai cara seperti bertanya, berdialog, dan bernyanyi. Sejak usia dua tahun anak menunjukkan minat untuk menyebut nama benda, serta terus berkembang sejalan dengan bertambahnya usia mereka sehingga berkomunikasi dengan lingkungan yang lebih luas, dan dapat menggunakan bahasa dengan ungkapan yang lebih kaya.

Walau bahasa anak akan berkembang dan meningkat sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangannya moms & dads perlu stimulasi tertentu untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. 

Berikut 9 cara meningkatkan kemampuan bahasa anak :

  1. Bicaralah dengan jelas kepada anak-hindari bicara seperti anak kecil 
  2. Ajarkan nama-nama orang dan benda dengan benar 
  3. Bacakan sesuatu kepada anak 
  4. Berikan buku-buku yang baik untuk dilihat-lihat untuknya- ingatlah bahwa gambar-gambar merangsang imajinasi dan membawanya ke pembicaraan 
  5. Bicaralah kepadanya 
  6. Dengarkan anak ketika dia berbicara kepada anda 
  7.  Biarkan mereka mendengarkan rekaman-rekaman 
  8. Doronglah anak untuk berbicara dengan anak-anak yang lain dan orang dewasa. 
  9.  Ketika belajar berbagai maam materi, bandingkan dan bedakan (besar-kecil, besar-lebih besar-paling besa, dan sebagainya)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close