Manfaat E-Learning dan Fungsi yang di Dalamnya

Manfaat E-Learning dan Fungsi yang di Dalamnya

Manfaat E-Learning dan Fungsi yang di Dalamnya

Saat ini, penggunaan e-learning bukan hanya untuk dunia pendidikan saja, nyatanya dunia kerja dan perusahaan menggunakan e-learning sebagai media pelatihan karyawan. Penggunaan electronic learning dianggap lebih efektif dengan biaya yang lebih terjangkau, sehingga perusahaan bisa menghemat pengeluaran untuk proses pengembangan karyawan.

 

Apalagi sekarang untuk menunjang proses pembelajaran e-learning sudah tersedia aplikasi khusus. Bagi Anda yang mungkin masih bertanya-tanya mengenai apa itu e-learning, Anda membuka artikel yang tepat. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

 

Apa yang Dimaksud E-Learning?

E-learning adalah sistem pembelajaran berbasis elektronik yang memanfaatkan teknologi daring yang dapat diakses oleh seluruh anggota.

 

Di dalam perusahaan, akses ini diberikan dari mulai karyawan sampai dengan manajer, semua lapisan jabatan dalam perusahaan memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan akses pelatihan yang memadai.

 

Pelatihan menggunakan e-learning dianggap efektif karena perusahaan dapat mencatat laporan peningkatan peserta pelatihan.

 

Manfaat E-Learning

Ada banyak manfaat dari penerapan e-learning terkhusus untuk pelatihan karyawan di perusahaan, seperti berikut ini.

 

1. Materi Terdistribusi dengan Baik

Manfaat pertama, e-learning memungkinkan materi terdistribusi dengan lebih mudah dan efisien. Para peserta dapat menerima modul atau materi pelatihan melalui berbagai media mulai dari video, e-book, PPT, dan sejenisnya. Nantinya, proses penilain pun akan dilakukan secara online.

 

Dengan pendistribusian materi yang mudah ini, penyelenggaraan pelatihan serta peserta.

 

2. Proses Belajar Lebih Fleksibel

Tidak seperti pelatihan offline yang mengharuskan pesertanya duduk di dalam satu ruangan, e-learning memungkinkan peserta untuk dapat belajar dan mengikuti pelatihan dimana saja. Ini semua tidak terlepas sistem komputasi yang sudah dimilikinya.

 

3. Mendukung Proses Belajar yang Mandiri

Dengan fleksibilitas yang dimilikinya, elearning mendukung proses pembelajaran yang mandiri. Peserta dapat belajar secara online tanpa harus tatap muka, mereka akan mencari, menentukan, serta memilih sendiri kelas yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

4. Biaya Pelatihan Lebih Terjangkau

Biaya pelatihan karyawan terkenal dengan biaya yang besar. Namun, hal ini tidak lagi bila perusahaan sudah beralih menggunakan metode e-learning. Apalagi bila sudah mengimplementasikan aplikasi LMS atau learning management system.

 

Perusahaan tidak lagi perlu menyewa ruangan khusus untuk mengadakan pelatihan, menyewa pelatih atau pembicara, menyediakan konsumsi, sampai transportasi. Ini semua karena untuk mengikuti pelatihan, karyawan cukup membuat aplikasi atau website saja. Proses pembelajaran karyawan pun bisa dilakukan kapanpun.

 

5. Hasil Pembelajaran Lebih Mudah Dipantau

Karena semuanya sudah tersedia secara online, proses pembelajaran serta hasil yang didapat dari proses belajar pun lebih mudah untuk dipantau.

 

Nantinya, orang yang ditunjuk perusahaan sebagai pengelola dapat memantau siapa saja karyawan yang telah mengikuti kelas, seberapa sering mereka mengikutinya serta apakah mereka bisa menyelesaikan kelas dengan baik. Dari sini, efektivitas kelas online pun lebih dapat diukur.

 

6. Memungkinkan Adanya Pengembangan Materi Pelatihan

Materi pelatihan tentu akan terus berkembang dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari pelatihan. E-learning sudah berbasis digital, Anda tidak lagi perlu mengeluarkan biaya tambahan ketika ingin menambah materi pelatihan baru, cukup menguploadnya saja ke e-learning lalu pelatihan baru pun bisa diakses karyawan.

 

7. Menciptakan Interaksi Sosial

Meskipun pelatihan diadakan secara online dan setiap karyawan memiliki kebebasan dalam melakukan pembelajaran, namun tiap peserta juga masih punya kesempatan untuk berdiskusi dengan peserta lainnya. Ini artinya pembelajaran daring pun mampu mendukung adanya interaksi sosial antara peserta satu dengan lainnya.

 

Fungsi E-Learning

Sebagai media untuk pembelajaran, e-learning memiliki beberapa fungsi, yaitu:

1. Produktivitas karyawan dapat meningkat

2. Kinerja perusahaan akan meningkat seiring dengan kompetensi karyawan yang meningkat

3. Lebih efektif dan efisien

 

Itulah pengertian, manfaat serta fungsi e-learning di dalam perusahaan yang mendukung pelatihan karyawan lebih efektif dan efisien.

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close