Cara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci Yang Tepat

Pakaian merupakan salah kebutuhan dasar manusia. Untuk itu, pakaian harus tetap bersih agar dapat nyaman dipakai sehari-hari. Selain itu aktivitas yang tinggi khususnya di perkotaan membuat pakaian menjadi cepat lusuh dan kotor sehingga harus sering dicuci.

Jika jaman dahulu orang mencuci pakaian dengan menggunakan tangan dan alat bantu seadanya. Kini berkat kemajuan teknologi, kegiatan mencuci pakaian dan mengeringkan pakaian dapat menjadi lebih mudah menggunakan mesin cuci.

Ingin tahu cara mengeringkan baju di mesin cuci yang baik dan benar? Cek di sini, akan kami jelaskan dengan lengkap. Yuk, simak lebih lanjut!

Satu di antara banyaknya kebutuhan dasar manusia adalah pakaian.

Tak ayal, bagi sebagian orang kenyamanan pakaian menjadi perhatian khusus.

Misalnya pakaian yang digunakan harus bersih, rapi, dan pas.

Nah, untuk membuat pakaian nyaman, kamu mesti mencucinya dengan baik.

Cara Mencuci dan Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci Anda

untuk dapat mencuci pakaian dengan tepat, dibutuhkan teknik yang benar. Masih banyak orang yang belum memahami bagaimana pentingnya cara mencuci dan cara mengeringkan pakaian di mesin cuci. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips yang bisa di implementasikan dirumah.

1. Mengetahui Putaran Mesin Cuci

Setiap mesin cuci memiliki siklus pengeringan dan siklus putaran yang berbeda-beda. Gunakan siklus putaran yang sesuai untuk setiap jenis bahan pakaian Anda. Idealnya setiap bahan pakaian dicuci pada putaran seperti dibawah ini :
  • Siklus rendah (sekitar 500-800 rpm) untuk bahan wol dan bahan tipis seperti pakaian dalam.
  • Siklus sedang-rendah (sekitar 800-1000 rpm) cocok untuk bahan sintetik.
  • Siklus sedang-tinggi (1000-1200 rpm) cocok untuk bahan katun.
  • Siklus tinggi (1200 rpm ke atas) cocok untuk bahan pakaian yang sangat tebal tebal dan kuat macam handuk atau jeans.
Jika Anda bingung dengan banyaknya pilihan mesin cuci dan pengering, mulai dari mesin cuci satu tabung atau dua tabung serta yang bertipe front loading atau top loading.

Setiap jenis mesin cuci memiliki cara mengeringkan yang berbeda-beda. Begitupun dengan fungsi-fungsi dan fitur yang terdapat dalam mesin cuci. Tujuannya adalah memberikan kemudahan serta dapat memberikan hasil cuci yang bersih dan bebas dari kuman, virus serta bakteri.

2. Mengeringkan Pakaian Berdasarkan Jenis Mesin Cuci

Sudah disinggung di atas, jika setiap jenis mesin cuci cara mengeringkannya berbeda.

Melansir laman laundry.drop.id, di bawah ini akan dijelaskan secara ringkas, perbedaan dari setiap jenis mesin cuci.

Mesin Cuci Top Load

Biasanya mesin cuci dengan jenis top load mengeringkan bajunya secara otomatis.

Mesin Cuci Front Load

Jenis front load umumnya ada yang mengeringkan baju secara otomatis, tapi tak semua begitu.

Ada beberapa mesin cuci jenis front load yang baru bisa mengeringkan baju setelah proses mencuci rampung.

Mesin Cuci Dua Tabung

Nah, kalau yang ini mesin cuci dua tabung.

Jenis mesin cuci yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Cara pengeringannya yakni dipisahkan antara tabung. Tabung satu digunakan untuk mencuci, sedangkan yang kedua khusus untuk mengeringkan pakaian.

Umumnya mesin cuci dapat menampung beban pakaian hingga 7-8 kilo tergantung kapasitasnya. Namun meskipun begitu, alangkah baiknya untuk memberikan ruang yang cukup ketika akan melakukan proses pengeringan pada pakaian. 

Dengan begitu pakaian dapat menjadi lebih cepat kering secara merata jika dibandingkan dengan memaksakan kapasitas mesin cuci.

Jemur Pakaian di Terik Matarahari

Meskipun terdengar klasik, menjemur pakaian di terik matahari dapat mempercepat proses pengeringan. Dengan bantuan sinar matahari pakaian menjadi lebih cepat kering dan bebas dari kuman. 

Fungsi panas matahari dapat membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada pakaian dari sisa cucian. Sehingga membuat pakaian lebih mudah disetrika dan nyaman digunakan.

Apa itu mesin tumble dryer?

Tumble dry adalah metode pengeringan yang berbeda dengan metode yang digunakan oleh fungsi pengeringan biasa pada mesin cuci.

Pengering pada mesin cuci hanya menggunakan tenaga sentrifugal untuk mengeringkan pakaian sedangkan tumble dryer menggunakan tenaga sentrifugal dan tenaga panas.

Pakaian yang dikeringkan dengan pengering mesin cuci biasa harus dijemur lagi sedangkan pakaian hasil pengeringan tumble dry kering sempurna tidak perlu dijemur lagi.

Di Indonesia, panas matahari melimpah hampir sepanjang hari dan hampir sepanjang tahun sehingga pengeringan biasa dengan mesin cuci sudah cukup. Mesin tumble dry atau mesin cuci dengan fungsi tumble dry masih jarang dimiliki dan biasanya hanya ditemui di tempat laundry profesional.

Kesimpulan

Setelah menyimak penjelasan diatas tentang cara mengeringkan pakaian di mesin cuci. Semoga dapat memberikan informasi yang cukup bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengeringkan pakaian baik di mesin cuci satu tabung ataupun dua tabung.

Fitur Anti Bacterial Technology Mampu Bunuh Kuman dan Virus

Salah satu manfaat yang didapat dari mengetahui cara mengeringkan pakaian yang baik adalah dapat membasmi kuman dan bakteri yang melekat di pakaian setelah proses pencucian. Selain itu fitur mesin cuci juga dapat membantu untuk menghilangkan bakteri tersebut. Aqua Japan sendiri memiliki teknologi Anti Bacterial Technology pada product Mesin Cuci FQW-120876QD yang membuat pakaian menjadi lebih bersih dan bebas bakteri serta kuman penyakit.

Jadi sobat Aqua dapat menggunakan pakaian secara bersih dan bebas bakteri. Mengingat kondisi saat ini, bakteri dan virus dapat tumbuh dan berkembang tanpa kita sadari. Maka fitur Anti Bacterial Technology pada Aqua Japan dapat memberikan proteksi maksimal pada pakaian Anda.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close