CARA MEMBUAT KUE MINO NOPIA KHAS BANYUMAS

Resep Kue Mino (Mini Nopia) Khas Banyumas Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Cara membuat kue mino/mini nopia atau kue nopia sama saja yang membedakan hanya ukurannya saja. Kue mino ukurannya kecil sedangkan kue nopia ukurannya besar. Cara masaknya bisa pakai oven, teflon, dll. Nopia yang terkenal adalah nopia Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah, Purbalingga, nopia Jogja Yogyakarta.

Foto Resep Kue Mino (Mini Nopia) Khas Banyumas Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar Kue Mino Mini Nopia Bulat



Menurut situs Wikipedia. Nopia adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan gula merah serta dipanggang dengan tungku khusus yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan kayu bakar dari pelepah pohon kelapa. Memiliki tekstur kulit yang keras dan renyah berisi adonan gula merah dengan rasa bawang merah goreng. Banyak diproduksi di kota Purbalingga dan Banyumas (18 kilometer arah tenggara Kota Purwokerto). Selain Nopia, adapula Mino alias mini nopia atau nopia berukuran yang kecil. Nopia juga ada yang berbentuk seperti telur angsa, besar tetapi dalamnya kosong dan berlapis gula merah yang menempel pada dinding dalam kulit nopia ini. Sebagian orang mengatakan Pia Telur Gajah, ada pula yang menyebutnya Ndog Gludhug (telur halilintar). Kulit Nopia seperti kulit pia, hanya saja kulit nopia lebih padat sedangkan pia berlapis. Nopia rasa orisinilnya atau original adalah rasa bawang goreng namun sekarang nopia sudah dibuat dengan berbagai macam isi dan rasa, seperti isi durian, coklat, nangka, dan lain-lainnya.

Baca Juga :




Cara buat nopia atau mini nopia (kue mino nopia) sebenarnya sama yang membedakannya adalah ukurannya kalau kue nopia ukurannya besar original sedangkan kue mino atau mini nopia ukurannya dibuat kecil. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih nopia dan mini nopia yang empuk dan dan lembut aneka rasa yang lezat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue untuk dititip di lapak kue, toko oleh-oleh, maupun masuk ke minimarket Alfamart dan Indomaret jadi bisa dipasarkan ke seluruh Indonesia.

RESEP KUE MINO (MINI NOPIA)

BAHAN :
  • 15 Kg tepung terigu untuk kulit
  • 10 Kg tepung terigu untuk isi
  • 15 Kg gula merah
  • 3 Kg gula pasir
  • 1/2 Kg mentega
  • 1 Kg minyak sayur atau minyak goreng
  • Susu secukupnya
CARA MEMBUAT KUE MINO (MINI NOPIA) :
  1. Cara Membuat Isi Nopia : terigu dicampur dengan gula merah. adonan digiling, ditambah 1 kg gula pasir, mentega, dan susu. adonan digiling terus sampai lembut dan dapat digulung.
  2. Cara Membuat Kulit Nopia : terigu ditambah gula pasir 2 kg dan minyak sayur diaduk sampai rata. adonan digiling sampai dapat digulung. Kulit kue mino nopia juga bisa dibuat berwarna dengan warna warni original, hijau, coklat, dll pakai pewarna makanan.
  3. Cara Membuat Nopia : bentuk isi nopia sebersar bola pingpong dari adonan isi. bungkus isi nopia yang telah dibentuk dengan adonan kulit. tempel nopia/mino pada dinding genthong bagian dalam yang telah dipanaskan atau dapat juga dengan oven. angkat nopia/mino setelah masak, dengan sorok dan solet.
  4. Sajikan atau siap dikemas untuk dijual.
Oleh oleh Cemilan Kue Nopia MINO Original Rasa Pandan, cokelat, gula jawa & Durian khas Banyumas.

Pembelian Kue Mino Nopia Original dapat dibeli disini : Beli
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close