7 Objek Wisata Padang Panjang Sumatera Barat Paling Menarik

Wisata Padang Panjang - Padang Panjang merupakan sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Sumatera Barat.  Kota yang berjuluk Egypte Van Andalas ini berjarak 96, 7 km dari kota Padang, ibukota Provinsi Sumatera Barat denngan jarak tempuh dua setengah jam. Kota yang sempat menjadi pusat pemerintahan Sumatera Barat pada zaman Belanda ini memiliki keindahan alam dan pesona budaya serta kuliner yang luar biasa.


Perjalanan menuju kota ini dijamin tidak akan membosankan. Bukit-bukit dan pepohonan hijau disekeliling akan membuat Anda terasa nyaman. Kota yang dijuluki kota bahagia oleh penulis Ali Akbar Navis ini menyimpan potensi wisata yang layak untuk dikunjungi.

Berikut objek wisata menarik yang dapat Anda kunjungi di Kota Padang Panjang :

1. Air Terjun Lembah Anai


Air terjun yang menjadi salah satu maskot pariwisata Sumatera Barat ini dapat menjadi objek wisata utama yang Anda kunjungi ketika berada di Padang Panjang. Dari kota padang melalui jalan raya Padang Bukittinggi, air tejun ini dapat ditempuh dengan jarak 66,4 Km dengan memakan waktu normal sekitar 1 jam 50 menit.

Air terjun ini termasuk dalam kawasan cagar alam lembah anai dan termasuk wilayah administratif kabupaten Tanah Datar. Namun karena jaraknya sangat dekat dengan kota Padang Panjang sebaiknya Anda singgah terlebih dahulu di Lembah Anai.

Lembah anai merupakan kawasan hutan lindung sehingga di sekitar air terjun terdapat pepohonan nanhijau dan banyak satwa liar yaitu monyet di sekitar air terjun. Anda dapat mandi di telaga yang airnya sangat jernih berwarna kebiruan.
Jadi sebelum Anda sampai ke kota Padang Panjang jangan lupa berhenti di Lembah Anai terlebih dahulu.
 

2. Minang Fantasi


Objek wisata yang sangat terkenal di Sumatera ini, layak jadi tujuan pelesir Anda selanjutnya di Kota Padang Panjang. Beragam permainan air dapat Anda temui di Mifan Waterpark. Mifan merupakan objek wisata air yang memiliki luas 9,8 hektar dan terlengkap di Sumatera. 

Lokasinya sangat alami dan hijau karena teletak di antara pegunungan Bukit Barisan. Di dalam lokasi Mifan terdapat perkampungan Minangkabau yang dijadikan sebagai resort ataupun tempat menginap para wisatawan. Berbeda dengan objek wisata air lainnya yang menunjukkan sisi moden, Mifan hadir dengan konsep tradisional yang benar-benar membuat tempat ini berbeda dan unik.

Dengan kapasitas 25.000 pengunjung Mifan menawarkan tiket dengan harga tiket Mifan pada hari Senin-Jumat Rp40.000,00 dan pada hari Sabtu-Mingguataupun libur Nasional Rp 50.000,00. Sedangkan jam operasional senin sampai jumat 10.00-17.00 WIB dan pada sabtu-minggu atau Libur Naional 08.00-18.00 WIB.

3. Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Merupakan sebuah museum yang terletak di kecamatan Silang Bawah kota Padang Panjang. Di museum ini terdapat berbagai koleksi budaya Minangkabau dalam bentuk Audio dan Visual. Bangunan museum ini sangat cantik dan didalamnya terdapat koleksi-koleksi gambar yang sangat menarik. Selain itu, banyak hal tentang Minangkabau dapat kita pelajari setlah berkunjung ke museum ini.

4. Masjid Asasi Sigando

Masjid ini merupakan masjid trtua yang ada di Kota Padang Panjang. Masjid ini juga di kenal dengan nama Masjid Asasi Nagari Gunung. Terdapat di Jorong Sigando, masjid ini memiliki arsitektur tradisional Minangkabau.
Masjid ini sering disebut sebagai saksi sejarah perkembangan islam di kota Padang Panjang. Masjid ini dibangun oleh seorang ulama penyebar agama islam di kota padang panjang. Kondisi masjid ini sangat terawat dan bersih karena pemerintah telah menjadikan masjid ini sebagai kawasan cagar budaya.

5. Lubuk Mata Kucing 

Lubuk mata kucing merupakan sebuah objek wisata pemandian yang paling populer di kota Padang Panjang. Dijuluki sebagai lubuk mata kucing dikarenakan airnya bersih sejernih mata kucing. Namun, sayang objek wisata ini muli sepi karena dibangunnya objek wisata air lain yaitu Mifan. 
Nah ingin merasakan sensasi berbeda dibanding Mifan, Lubuk mata kucing dapat mnjadi salah satu tempat Anda bermandi ria ataupun berenang di Kota Padang Panjang.

6. Air Terjun Tujuh Tingkat

Merupakan salah satu pesona baru salah satu Andalan pariwisata Padang Panjang. Akses ke air terjun ini memang cukup sulit karena jalanan bebatuan yang masih alami yang akan Anda lewati. Petualangan dimulai melalui jalan setapak yang berada tepat di bawah Jembatan Tinggi Silaing Bawah memakan waktu sekitar satu jam. Sangat indah, untuk itu air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi jika ke Padang Panjang. Namun, harus siap belelah-lelah ya!.

7. Goa Batu Batirai

Bagi Anda para pencinta alam, Goa ini tentunya sangat menarik bagi Anda. Disbut batu batirai karena di dalam goa ini terdapat batu-batu yang menjulur seperti tirai.Relief dalam goa ini sangat menarik. Memang perjalanan ke Goa ini cukup melelahkan. Bagi Anda yang ingin berkunjung Goa ini  terletak di kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Nah itu ia tujuh tempat wisata di Kota Padang Panjang, Selamat Berkunjung.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close