CARA MEMBUAT EBI FURAI HOKBEN UDANG LURUS

Resep Ebi Furai Ala Hokben (Hoka-hoka Bento) Restoran Jepang Sederhana Spesial Asli Enak. Masakan ini termasuk makanan gorengan Jepang yang renyah graing kriuk krispi (crispy) di luar namun daging udangnya lembut dan empuk di dalam. Ebi furai yang gurih dan renyah. Ebi furai adalah udang goreng tepung roti khas Jepang. Berasal dari kata ebi fry yang berarti udang goreng. Ebi furai bisa disajikan segar (fresh) ataupun ebi furai beku (frozen) yang bisa dipasarkan ke seluruh Indonesia maupun di ekspor.

Foto Resep Ebi Furai Ala Hokben (Hoka-hoka Bento) Restoran Jepang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Ebi Furai Hokben Lurus



Perbedaan ebi furai dan tempura adalah meski sekilas mirip dengan ebi tempura namun ebi furai memiliki perbedaan, lho. Bedanya terletak pada adonan pelapis. Jika ebi tempura hanya menggunakan pelapis dari tepung terigu dan air maka ebi furai memiliki pelapis yang sama dengan ebi katsu yaitu menggunakan tepung roti.

Baca Juga :



Hidangan udang goreng tepung yang krispi dan gurih ini begitu digemari di kalangan orang Indonesia. Meski pun ebi furai merupakan makanan khas Jepang, namun hidangan ini sangat cocok di lidah warga lokal. Mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Soalnya selain rasanya yang gurih, hidangan satu ini bisa dibilang sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Makanya, tidak heran jika banyak kalangan umum yang mencoba membuatnya di rumah untuk disantap bersama keluarga. Apalagi bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ebi furai ini sangat mudah dijumpai.

Yuk, mari simak bahan-bahan dan cara membuatnya di bawah ini. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ebi furai hokben oleh Devina Hermawan Cookpad, Jtt, Ncc, dan MamaSuka bakal jabarin resep ebi furai yang gurih dan krispi seperti yang ada di restoran-restoran Jepang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis rumah makan fast food Jepang maupun restoran ala cafe resto cepat saji dan juga bisa mengembangkan makanan frozen seperti ebi furai frozen dalam kemasan plastik vacum.

RESEP EBI FURAI LURUS


Resep By : Devina Hermawan

Anda pasti mengetahui mengenai gerai fast food Jepang yaitu Hokben. Salah satu menu yang disajikan pada restoran itu adalah menu olahan udang yang diberi nama Ebi Furai.

Olahan udang ini merupakan olahan udang yang digoreng menggunakan tepung roti. resep dan juga cara membuat Ebi Furai dilengkapi dengan tips bagaimana agar membuat udang menjadi lurus.

BAHAN :
  • 8 ekor udang (ukuran per kg isi 30-40 udang)
  • Tepung terigu, tepung roti secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
BAHAN ADONAN TEPUNG BASAH :
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1/2 butir telur
  • 50 ml susu / cream / santan
  • Garam, merica, kaldu jamur / penyedap sesuai selera
  • Bawang putih secukupnya, parut
CARA MEMBUAT EBI FURAI LURUS :
  1. Kupas udang, buang kotorannya, lalu bilas.
  2. Kerat bagian perut udang (jarak sekitar 1/2 cm) dan jangan terlalu dalam.
  3. Lalu tekan punggungnya dengan menggunakan jari seperti memijat, hingga urat di punggung putus memanjang dan rata.
  4. Buat adonan tepung basah. Campurkan tepung, telur, cream, bawang putih, merica, dan kaldu jamur. Aduk hingga tercampur.
  5. Lapisi udang dengan tepung terigu, adonan tepung basah, lalu tepung roti.
  6. Goreng udang hingga warnanya keemasan.
  7. Sajikan Ebi Furai untuk 8 porsi dengan saus tartar.

RESEP EBI FURAI


Resep By : Mamasuka

BAHAN :
  • 15 buah udang ukuran sedang
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdm kaldu bubuk
  • Garam dan lada secukupnya
  • 2 butir telur
  • 100 gram tepung roti mix MamaSuka
  • Minyak goreng mahal secukupnya (ya kalau punya minyak goreng subsidi silahkan saja)
CARA MEMBUAT EBI FURAI :
  1. Buang kepala dan kulit udang, dan sisakan buntutnya saja. Lalu, buang juga kotoran yang ada di sepanjang punggung udang. Kemudian bilas.
  2. Buat irisan-irisan kecil di bagian perut udang dengan jarak 1 cm satu sama lain. Jangan terlalu dalam dan tekuk udang ke arah belakang agar udang dalam posisi lurus.
  3. Buat adonan tepung basah dengan cara mencampurkan tepung terigu, telur, bawang putih, garam, dan lada. Aduk hingga tercampur merata.
  4. Lapisi udang dengan tepung terigu, adonan tepung basah, lalu tepung roti MamaSuka.
  5. Goreng udang dalam minyak panas dan goreng hingga warnanya keemasan.
  6. Sajikan ebi furai dengan saus tartar.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close