CARA MEMBUAT STAMPPOT MET WORST KHAS BELANDA

Resep Stamppot Met Worst Khas Belanda Sederhana Spesial Asli Enak. Kentang menjadi salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi. Ada begitu banyak olahan kentang yang mungkin sudah pernah Anda coba. Namun bagaimana dengan olahan kentang asal Belanda bernama Stamppot yang salah satu dari resep masakan Belanda (Dutch Stamppot) ini?.

Foto Resep Stamppot Met Worst Khas Belanda Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Stamppot Met Worst Belanda



Menurut situs Wikipedia. Stamppot (bahasa Indonesia: kentang lumat) merupakan hidangan tradisional Belanda atau makanan khas Belanda yang terbuat dari kombinasi kentang lumat atau resep kentang tumbuk (mashed potato) dengan satu atau beberapa sayuran lainnya, kadang-kadang juga dengan daging asap. Sayuran yang digunakan mencakup sauerkraut, endive, kale (kubis keriting) pada Boerenkoolstamppot, bayam, lobak hijau, kol putih, atau wortel dan bawang bombay (kombinasi yang terakhir ini dikenal sebagai hutspot sayuran khas Belanda). Ini biasanya disajikan dengan sosis asap atau daging rebus. Stamppot dapat dibeli di toko-toko dan supermarket atau juga dapat dipesan di restoran ala kafe.

Baca Juga :


Asal usul stamppot tidak diketahui tetapi hidangan Belanda ini dikenal luas dan dapat menjadi hidangan yang murah, lezat dan berisi.

CARA PEMBUATAN :

Ada dua metode dalam menyiapkan stamppot, yang pertama adalah bentuk yang lebih modern :

Stamppot dibuat dengan merebus sayuran dan kentang secara terpisah. Setelah selesai kentang ditambahkan ke panci yang sama seperti sayuran dan semuanya ditumbuk bersama. Beberapa orang menambahkan saus apel ke dalam campuran ini untuk rasa ekstra dan/atau untuk melembutkan campuran. Sosis asap (rookworst) adalah bagian daging yang paling disukai untuk ditambahkan ke hidangan. Kebanyakan orang Belanda membuat 'kolam' kecil untuk saus di tengah campuran sayuran.
Stamppot juga dapat dibuat dalam satu panci. Kentang, bawang, dan sayuran pilihan dikupas dan ditempatkan di panci dengan sosis. Tambahkan air dan campuran dibiarkan mendidih. Setelah sayuran masak dan dikeringkan, susu, mentega dan garam ditambahkan, dan sayuran yang dihaluskan bersama-sama. Contohnya adalah hutspot. Lardon (kaantjes) sering ditambahkan untuk bumbu.

Sajian yang biasanya terdiri atas perpaduan kentang tumbuk (mashed potatoes) dan ikan salmon ini merupakan masakan tradisional di Belanda. Kentang yang dilumatkan bersama dengan satu atau beberapa jenis sayuran lainnya ini biasanya juga disandingkan dengan daging asap. Sayur-Sayuran yang digunakan meliputi sayur bayam, kangkung, lobak hijau, wortel, kubis keriting atau kale untuk resep Stamppot boerenkool/ curly kale mash, dan bawang bombay sebagai bahan dan bumbu stamppot.

Tidak hanya dengan daging asap atau sosis (worst) atau sosis asap (rookworst), terkadang juga dicampurkan dengan daging yang direbus. Di Belanda, Stamppot dapat dibeli di toko-toko kecil dan supermarket atau bisa juga dipesan di restoran yang menyediakannya. Menu hidangan ini dikenal luas menjadi makanan yang murah, lezat, sehat dan bergizi. Anda bisa langsung membuatnya sendiri. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi stamppot met worst tanpa salmon yang lezat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsu sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis rumah makan Belanda atau restoran Belanda ala cafe resto cepat saji.

RESEP STAMPPOT MET WORST


BAHAN :
  • 75 gram kentang rebus
  • 25 gram wortel yang direbus
  • 1/2 sdt lada
  • 1 sdm Palmia Margarine Serbaguna
  • 125 gram daging sapi cincang
  • 1 siung bawang bombay
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdm tepung terigu
  • 25 gram daun selada
CARA MEMBUAT STAMPPOT MET WORST :
  1. Cara membuat bahan untuk sayur stamppot : kentang rebus dikupas dan diulek setengah halus.
  2. Kemudian campurkan dengan daun selada dan wortel yang sudah direbus semua diulek kasar dan tambahkan garam, merica dan Palmia Margarine Serbaguna kemudian dimasak sebentar dalam panci.
  3. Selanjutnya membuat perkedel : iris bawang bombay dan campur dengan daging cincang, merica, garam, telur ayam serta terigu, dicampur jadi satu dan dibuat bulat kemudian dimasukkan dalam lemari es selama setengah jam baru kemudian digoreng dalam minyak goreng. Angkat kalau sudah matang.
  4. Kemudian taruh stamppot dan perkedel dalam piring saji, bisa juga tambah saus sedikit yang dibuat dari kaldu sapi dan tambahkan maizena dan disiram atas perkedel.
  5. Stamppot Asli Enak Khas Belanda siap dihidangkan.
  6. Sajikan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close