Apa itu nomor EORI?

 


'Nomor EORI' adalah kependekan dari 'Nomor Pendaftaran dan Identifikasi Operator Ekonomi' dan merupakan sistem nomor identifikasi unik yang digunakan oleh otoritas bea cukai di seluruh Uni Eropa. Cari tahu mengapa Anda mungkin memerlukan nomor EORI dan bagaimana Anda bisa mendapatkannya.

Untuk apa nomor EORI digunakan?

Ini digunakan oleh bea cukai dan otoritas lain untuk memantau dan melacak pengiriman yang masuk dan keluar dari Uni Eropa.


Apakah saya membutuhkannya?

Untuk berdagang secara internasional di UE, bisnis atau individu harus memiliki nomor EORI. Pedagang dari luar UE yang mengirim ke negara UE tidak memerlukan nomor EORI mereka sendiri, tetapi mereka perlu memberikan nomor EORI penerima atau importir mereka pada faktur komersial. Jika Anda, pengirim, akan bertindak sebagai importir di pabean di negara tujuan (misalnya, saat mengirimkan barang dengan DDP  Incoterms® ), maka Anda memerlukan nomor EORI Anda sendiri. Anda hanya perlu mendaftar sekali, di negara tempat impor pertama dilakukan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Layanan Kurir PT Pos Indonesia

Dimana saya mendapatkannya?

Buka situs web bea cukai negara Anda dan daftar secara online. Biasanya diperlukan waktu sekitar tiga hari untuk mengeluarkan nomor ini, jadi sebaiknya Anda mengajukan permohonan beberapa minggu sebelum pengiriman.

Di mana saya memasukkan nomor EORI?

Jika Anda berdagang dengan perusahaan Eropa, Anda perlu memasukkan nomor EORI mereka pada faktur komersial.

Ada lagi yang perlu saya ingat?

Setiap kali Anda  mengirim ke UE , pastikan Anda memiliki nomor EORI penerima atau importir Anda. Jika Anda melakukan pengiriman ke luar negara UE, Anda juga harus memberikan nomor EORI Anda sendiri pada faktur komersial.(fedex.com)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close