Mengapa statistik saya berbeda antara AdSense dan Analytics?

Mengapa statistik saya berbeda antara AdSense dan Analytics?

Jika Anda melihat perbedaan yang signifikan antara laporan di akun AdSense dan laporan pada bagian AdSense di Analytics, perhatikan beberapa hal penting berikut:

  • Laporan AdSense pada Analytics hanya melacak unit iklan AdSense untuk Konten, dan tidak menyertakan unit link, kotak penelusuran, iklan seluler, dan produk AdSense lainnya.
  • Tayangan dari unit Konten yang sesuai disertakan dalam laporan Google Analytics, namun tidak disertakan dalam laporan AdSense kecuali jika kelompok metrik Konten yang sesuai dipilih. Pelajari lebih lanjut tentang cara melacak performa unit Konten yang sesuai.
  • Anda harus menyertakan kode Analytics pada setiap halaman yang menjalankan unit iklan AdSense untuk Konten.
berbeda antara AdSense dan Analytics
berbeda antara AdSense dan Analytics
Meskipun kode Anda telah disiapkan dengan benar dan akun telah ditautkan, statistik antara AdSense dan Analytics mungkin masih akan berbeda. Ada beberapa kemungkinan alasannya:

Penyebab tayangan laman di AdSense kemungkinan tidak sama dengan penayangan di Analytics

  • Kode JavaScript terpisah: AdSense menghitung tampilan laman saat kode iklan AdSense dijalankan oleh browser pengguna. Demikian juga, Analytics hanya menghitung penayangan saat kode pelacakan Google Analytics dijalankan oleh browser pengguna. Karena letak kode yang berbeda pada halaman, ada kemungkinan salah satu cuplikan kode JavaScript tersebut dimuat dan cuplikan lainnya tidak.

    Misalnya, karena kami menyarankan penempatan kode pelacakan di bagian bawah HTML, dalam beberapa kasus yang langka, pengguna akan masuk dan keluar dari laman sebelum laman dimuat dengan lengkap dan kode pelacakan dijalankan. Pada kasus ini, AdSense mungkin telah menghitung satu tayangan laman, tetapi Analytics tidak menghitungnya sebagai satu penayangan. Ini akan berakibat pada perhitungan tayangan halaman yang lebih besar di AdSense dibandingkan dengan perhitungan pageview di Analytics.

  • Iframe: AdSense menggunakan iframe untuk menayangkan iklan. Browser yang tidak mendukung tag <iframe> tidak akan melaporkan tayangan. Ini akan berakibat pada perhitungan pageview yang lebih besar di Analytics dibandingkan dengan perhitungan tayangan di AdSense.
  • Software keamanan (pemblokiran): Tayangan AdSense Anda juga mungkin berkurang karena software firewall pribadi atau software pemblokiran iklan yang dapat menyebabkan iklan Google tidak ditampilkan di situs Anda atau mungkin menyamarkan sebagian dari iklan. Fitur pemblokiran iklan dari software keamanan internet di sisi pengguna harus dinonaktifkan untuk menampilkan iklan Google.
  • Hari pertama: Pada hari pertama setelah Anda menautkan akun AdSense dan Analytics, hanya sebagian data yang akan tersedia. Data AdSense yang didapat sebelum penautan dilakukan tidak dapat ditampilkan pada Analytics.
  • Zona waktu: Jika zona waktu Analytics Anda tidak sesuai dengan zona waktu AdSense, maka kedua rangkaian laporan tersebut akan menggabungkan periode waktu yang berbeda untuk tanggal tampilan yang sama.
  • Tampilan Analytics: Analytics memungkinkan Anda membuat berbagai tampilan yang dapat digunakan untuk memfilter data. Jika Anda melihat tampilan yang memfilter beberapa data, data AdSense yang sesuai dengan data yang difilter tidak akan ditampilkan.

    Pelajari lebih lanjut filter tampilan.

  • Gambar pihak ketiga: Beberapa browser memberikan opsi kepada pengguna untuk menonaktifkan gambar yang diminta dari domain selain halaman yang sedang ditampilkan. Jika pengunjung situs menonaktifkan gambar tersebut, data tidak akan dikirimkan ke Google Analytics, yang berakibat informasi AdSense yang berkaitan tidak dapat ditampilkan pada laporan Analytics.
  • Klik Analytics tidak ada: Metode pelaporan Analytics saat ini hanya menampilkan informasi AdSense yang sesuai dengan klik Analytics yang ditemukan. Jika klik Analytics tidak ada (karena kode pelacakan tidak dijalankan, atau gambar pihak ketiga dinonaktifkan), informasi AdSense yang sesuai dengan klik tersebut tidak dapat ditampilkan pada laporan Analytics.

Hal-hal yang perlu diingat ketika membandingkan tayangan laman dan penayangan

  • Bingkai: Jika kode pelacakan Analytics terdapat di halaman berbingkai dan halaman pembingkainya, Analytics akan mencatat 2 pageview untuk kunjungan tersebut. Ini akan berakibat pada peningkatan pageview pada Analytics. Untuk informasi lebih lanjut, baca situs berbingkai.
  • Fungsi _trackPageview: Jika Anda menggunakan fungsi _trackPageview, penayangan dapat sedikit meningkat di Google Analytics. _trackPageview berfungsi dengan membuat penayangan virtual untuk peristiwa tertentu seperti unduhan PDF yang tidak akan dilacak di akun AdSense.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close