7 Tips Agar Buah Mangga Berbuah Cepat

Tips Agar Buah Mangga Berbuah Cepat
Tips Agar Buah Mangga Berbuah Cepat. Produktivitas buah mangga yang tinggi dengan kualitas terbaik akan menghasilkan keuntungan yang besar bagi Anda yang terjun ke dalam bisnis buah mangga. Tanaman mangga termasuk dalam tanaman tahunan yang berbuah dengan sangat cepat dalam setahun. Agar pohon mangga cepat berbuah maka pertumbuhan bunga tanaman dapat diatur dan dipercepat dengan melakukan perlakuan khusus terhadap tanaman mangga. 

Perlakuan khusus tersebut bisa Anda lakukan baik itu untuk mangga yang ditanam dalam pot maupun mangga yang ditanam pada lahan. Perlakuan ini dilakukan dengan tujuan untuk merangsang terbentuknya bunga dan buah pada tanaman yang telah memasuki umur produktif, yaitu sekitar 1,5 tahun – 3 tahun. Berikut adalah perlakuan khusus yang bisa Anda lakukan agar pohon mangga cepat berbuah.

Tips Agar Buah Mangga Berbuah Cepat

1. Pemangkasan buah mangga

Agar pohon mangga cepat berbuah maka langkah pertama perlakuan yang bisa Anda lakukan adalah pemangkasan. Pemangkasan yang dilakukan secara teratur pada tanaman mangga dapat merangsang pembentukan buah. Pangkaslah cabang dan ranting yang tidak produktif. Hal ini akan mengefisienkan penggunaan energi hasil dari fotosintesis, sehingga kandungan karbohidrat pada tanaman yang dibutuhkan untuk pembentukan buah akan meningkat. Pemangkasan pada tanaman yang rimbun akan membantu meratakan penyebaran sinar matahari.
 
Sinar matahari akan membantu pembentukan karbohidrat secara maksimal. Pangkas cabang yang tumbuh dengan tegak. Cabang tegak biasanya tidak akan menghasilkan bunga jika dibandingkan dengan cabang yang datar. Pemangkasan juga dapat Anda lakukan pada cabang yang terkena penyakit, ranting – ranting yang bersilangan dan tumbuh dengan rapat. Untuk budidaya mangga dalam pot atau tabulampot mangga, agar pohon mangga cepat berbuah pemangkasan bisa dilakukan pada tunas muda untuk merangsang pembuahan. Cara ini kurang efektif untuk pohon mangga dengan ukuran yang besar karena dibutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak. 

2. Memberi Luka Pada Batang

Ini adalah perlakuan fisik yang banyak dilakukan untuk pembentukan buah mangga. Dengan memberi luka pada batang maka akan menghambat distribusi hasil fotosintesis yang berupa karbohidrat dari daun ke akar sehingga diharapkan nantinya karbohidrat akan menumpuk pada bagian cabang dan daun. Kadar karbohidrat yang telah mencapai titik jenuh pada bagian daun ditambah lagi dengan rasio nitrogen dan karbohidrat 2 : 3 plus hormon auksin yang diproduksi oleh bagian pucuk tanaman akan sangat cepat merangsan pembentukan bunga.
 
Teknik pelukaan agar pohon mangga cepat berbuah
 
Pelukaan pada batang terbukti efektif agar pohon mangga cepat berbuah. Cara pelukaan biasanya dilakukan dengan cara mengelupas kulit batang pohon mangga sampai kambiumnya hilang. Pelukaan bisa dilakukan dengan lebar 10 – 20 cm.
 

3. Melengkungkan Batang

Melengkungkan batang adalah cara lain agar pohon mangga cepat berbuah. Tujuannya adalah untuk menghambat fase pertumbuhan vegetatif dan mendorong pertumbuhan generatif pada pohon mangga. Melengkungkan batang ini dilakukan dengan mendatarkan cabang. Kondisi cabang yang datar membuat aliran unsur hara dan air akan berlangsung lebih lambat jika dibandingkan dengan cabang yang tumbuh dengan lurus menurun.
 
Cara melengkungkan batang agar pohon mangga cepat berbuah adalah menarik cabang yang akan dilengkungkan ke arah tanah sampai posisi merunduk. Ujung cabang bisa Anda tahan dengan menggunakan tali yang diikat ke patok yang ditancapkan ke tanah agar cabang tidak kembali ke posisi semula.
 

4. Pelilitan Batang Atau Pencekikan

Pelilitan batang mempunyai prisip yang sama dengan memberikan luka pada batang tanaman mangga, yaitu menghambat aliran hasil fotosintesis dari daun menuju akar tanaman. Sehingga nantinya karbohidrat akan tertahan pada daun yang kemudian digunakan untuk merangsang tumbuhnya bunga dan buah. Pelilitan atau pencekikan dilakukan dengan cara melilitkan batang primer atau sekunder dengan menggunakan kawat. Batang yang dililit dengan kawat akan semakin tercekik pada saat batang mulai tumbuh membesar. Bunga akan mulai nampak setelah Anda melakukan pelilitan selama 1 – 2 bulan.
 
Lilitan bisa Anda lepaskan setelah bakal buah mulai muncul. Pelilitan ini adalah cara agar pohon mangga cepat berbuah yang banyak dilakukan untuk budidaya mangga di dalam pot atau tabulampot mangga. 
 

5. Memberikan Fosfor dan Protein Tinggi

Pemupukan dengan dosis protein dan fosfor tinggi dapat merangsang pembentukan bunga. Pupuk yang dapat Anda gunakan bisa berupa pupuk organik maupun anorganik. Pupuk organik yang bisa digunakan adalah tepung ikan, tepung tulang, tepung darah dan minyak ikan. Anda juga bisa menyiramkan ke tanaman berupa air cucian ikan atau hewan laut lainnya yang kaya akan protein.
 
Tepung tulang bisa Anda berikan setelah tanaman diberikan pupuk kandang. Berikan tepung ikan atau tepung tulang setiap tiga bulan sekali denga dosis 2 – 3 genggaman tangan Anda. Sedangkan minyak ikan bisa Anda tambahkan setiap dua minggu sekali dengan komposisi 10 liter air untuk 1 tutup botol minyak ikan. Berikan larutan tersebut dengan cara disiram ke tanaman sebanyak 2 – 3 gayung per tanaman.
 

6. Pemberian Zat Pengatur Tumbuh

Agar pohon mangga cepat berbuah maka Anda bisa memberikan zat pengatur tumbuh sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Adapun beberapa macam zat pengatur tumbuh yang bisa Anda gunakan agar tanaman manga cepat berbuah adalah sebagai berikut:
Memberikan paklobutrazol. ZPT ini efektif bagi tanaman mangga. Pemberian paklobutrazol akan menghambat pertumbuhan daun dan bisa melumpuhkan titik tumbuh. Fotosintesis akan tetap berjalan tetapi dengan rasio C/N yang tinggi pada bagian tajuk. Pada saat titik tumbuh mulai pulih maka bukan daun baru yang akan muncul melainkan bunga. Dosis pemberian paklobutrazol adalah 5 – 10 ml dilarutkan ke dalam 10 liter air kemudian siramkan di sekitar pangkal batang tanaman mangga.
 
Memberikan cultar dan dekamon. Agar pohon mangga cepat berbuah dan menghasilkan buah dengan lebat, ukuran besar dan rasa yang manis Anda bisa memberikan kedua ZPT tersebut. Cultar mempunyai khasiat mampu meningkatkan jumlah ranting yang produktif dan merangsang pembentukan bunga. Sedangkan dekamon mampu merangsang pertumbuhan tunas baru, mencegah rontoknya bunga dan buah dan mampu meningkatkan kualitas buah yang dihasilkan.
 
Pemberian ZPt harus Anda barengi dengan penyiraman dan pemupukan yang teratur. Pemupukan bisa Anda lakukan dengan memberikan fosfor dengan dosis tinggi. Dosis ZPT yang Anda berikan tidak boleh berlebih karena bisa menghambat fungsi dari hormon – hormon tersebut.

7. Tabulampot tanaman mangga

Waktu pemberian ZPT yang efektif agar pohon mangga cepat berbuah adalah saat tanaman telah memasuki masa produktif. Untuk budidaya mangga dalam pot Anda dapat memberikan ZPT setahun sekali yaitu pada saat 3 – 4 bulan sebelum pembungaan.
By Alber Andesko
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close