Berwisata ke Pantai Sawarna , Pantai indah yang tersembunyi

Berwisata ke Pantai Sawarna , Pantai indah yang tersembunyi

Pantai Sawarna , Pantai indah yang tersembunyi [ Info, Lokasi, Rute ] – Beberapa waktu belakangan ini, banyak dibicarakan orang tentang pantai indah yang ada dibanten, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara sekalipun, yaitu pantai sawarna. Pantai ini merupakan pantai terindah yang ada di provinsi banten. Pantai sawarna merupakan pantai indah yang di miliki oleh indonesia yang terletak di desa sawarna, kecamatan bayah , kabupaten lebak dan provinsi banten .

Pantai sawarna ini terkenal dengan ombak nya yang tinggi, air nya yang jernih , memiliki pasir putih serta dikelilingi pohon pohon yang tumbuh hijau dan rindang. Yang membedakan pantai sawarna dengan pantai lain yaitu adanya batu batu besar yang indah yang disebut masyarakat disana sebagai batu layar .

 

Berwisata ke Pantai Sawarna , Pantai indah yang tersembunyi
Berwisata ke Pantai Sawarna , Pantai indah yang tersembunyi

Sejarah pantai sawarna

Menurut petuah dahulu, nama pantai sawarna diambil dari nama seorang penduduk di kecamatan bayah yang bernama swarna, ia merupakan kepala adat pertama di kecamatan bayah pada tahun 1900 . Namun ada juga yang berpendapat bahwa pemberian nama sawarna untuk pantai tersebut karena desa itu merupakan desa satu warna yaitu hanya masyarakat sunda, dan dalam bahasa sunda nya sawarna artinya satu warna.
Pantai ini pertama dibuka untuk wisata pada tahun 2010 dan mulai ramai pada tahun 2011 , pantai ini masih asri sehingga jalan menuju ke pantai sawarna berliku-liku, masih banyak nya pohon–pohon nan rindang di tepi jalan nya. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pantai sawarna dikarenakan keindahan alam nya yang masih asri dan penduduk nya yang ramah. Pantai ini ramai dikunjungi pada tahun baru, lebaran, natal maupun libur nasional lain nya.
Pantai Sawarna
Percayalah , satu hari anda tidak akan cukup untuk menjelajahi keindahan desa sawarna dikarenakan objek wisata di desa sawarna tidak hanya pantai sawarna saja, ada 9 objek wisata yang juga wajib dikunjungi di desa sawarna yaitu Legon pari, Karang bereum, Karang taraje, Pulo manuk, Karang bokor, Tanjung layar, Goa lalay, Goa langir dan pasir , dan sangat disarankan untuk bermalam disana karena keindahan alam malam nya sangat indah dan takkan terlupakan.

Untuk penginapan, pantai sawarna sangat minim penginapan seperti hotel atau wisma, jadi sangat disarankan bahwa jika anda ingin menginap di pantai sawarna anda bisa menginap dirumah – rumah penduduk, penduduk disana sangat ramah dan mau menerima wisatawan – wisatawan yang ingin menginap di pantai sawarna.

Pantai Sawarna

 

Rute Pantai sawarna

Untuk rute nya, pantai sawarna berjarak sekitar 180 KM dari kota jakarta dan dapat ditempuh selama kurang lebih 8 jam dengan kendaraan. Dari jakarta, rutenya anda bisa melewati sukabumi – pelabuhan ratu – kabupaten bayah . Sangat disarankan apabila anda menggunakan kendaraan, gunakanlah kendaraan yang bisa di bawa ke jalan – jalan yang sulit ditempuh karena perjalanan dari kota bayah ke pantai sawarna berkelok – kelok dan aspal yang masih belum seutuhnya bagus sehingga medan nya sulit untuk ditempuh .
Untuk lebih jelas nya :
Rute I : Jakarta – Serang timur – Pandeglang – Malimping – Bayah – Sawarna .
Rute ini termasuk rute yang pendek tetapi karena banyak nya jalan yang rusak jadi memakan waktu perjalanan yang lama.
Rute II : Jakarta – Ciawi – Cibadak – Pelabuhan ratu – Cisolok – Sawarna.
Dikarenakan jalan nya yang mulus maka jalan ini yang sering dilalui wisatawan untuk menuju ke Desa sawarna . Cuma jalan nya berkelok-kelok dan banyak nya tanjakan tajam yang juga sangat berbahaya, disarankan menggunakan mobil pribadi dan motor jika ingin lewat disini.
Tapi jangan takut, rasa capek anda menuju ke pantai sawarna seakan hilang saat anda melihat keindahan di desa sawarna tersebut, yang terkenal dengan bukit dan sawah nya yang hijau, pantai nya yang memiliki pasir putih dan air laut nya yang kebiru – biruan .

Peta dan Lokasi

Demikian saja info yang dapat saya sampaikan. Jadi, selamat menikmati wisata di pantai sawarna nan indah ini, jangan lupa tetap menjaga kebersihan dan kelestarian Pantai ini ya agar anak cucu kita juga bisa merasakan keindahan wisata banten yang satu ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close