Manfaat dan Pelaksanaan Tummy Time Pada Bayi.

 

 Tummy time  yaitu latihan penumpuan berat badan dengan memposisikan bayi pada perut atau tengkurap. Manfaat dari tummy time exercise meningkatkan kontrol kepala dan menguatkan otot leher, bahu, lengan dan punggung.

 Chartered Physiotherapist in Paediatrics merekomendasikan tummy time karena mencegah terjadinya delay atau penundaan bayi mendapatkan keterampilan-keterampilan gerakan. 

Tummy time dapat dilakukan sejak anak baru lahir, berikut berapa manfaat tummy timme dan pelaksanaanya.






Manfaat Tummy Time

Tummy time memiliki banyak manfaat dalam menunjang perkembangan kemampuan motorik bayi antara lain :
  1. tummy time merangsang kemampuan bayi untuk menjaga keseimbangan tubuh
  2. melakukan koordinasi pada paha, dan mengontrol gerakan kepala. 
  3. dalam posisi tengkurap, bayi berlatih menggunakan tangannya untuk meraih sesuatu. Itu adalah kemampuan yang menjadi bekal untuk merangkak. 
  4. Selain itu, dalam posisi tengkurap, bayi membiasakan diri untuk melihat apa yang ada di sekelilingnya dari sudut pandang berbeda, melatih bayi mengangkat leher dan memutar kepala sambil menjaganya agar tetap tegak, sehingga otot leher dan bahunya kuat.

Pelaksanaan Tummy Time

Pelaksanaan tummy time dengan memposisikan bayi tengkurap pada permukaan yang datar. Tummy time dilakukan sambil melakukan aktivitas, dalam hal ini dengan exercise atau latihan. Exercise yang diberikan berupa terapi latihan untuk menstimulasi mengangkat kepala.

untuk merangsang bayi mengangkat kepala diberikan latihan dengan cara posisi tidur tengkurap, pada kedua tungkai bawah kaki dipegang dengan satu tangan dan tangan satunya diletakkan pada punggung atas diberikan sentuhan yang lembut. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close