Panorama Kayu Kolek, Destinasi Wisata Kekinian di Limapuluh Kota

Panorama Kayu Kolek, Destinasi Wisata Kekinian di Limapuluh KotaLimapuluh Kota- Hamparan sawah nan indah tersaji dari pinggang Gunung Sago, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Pemandangan panorama alam yang menakjubkan membuat tempat ini viral.

Panorama Kayu Kolek terletak di Nagari Tanjuang Sikabu-Kabu Padang Panjang, Kecamatan luak, Kabupaten Limapuluh Kota. Wisatawan bisa menikmati pelbagai landscape dari kawasan ini.
Menjelang 1 kilometer dari puncak, wisatawan dimanjakan dengan indahnya sawah berjenjang dan hamparan perbukitan kecil. Lantunan gemercik air mengalir dari arah sawah membuat perjalanan semakin menyenangkan.

Tulisan Panorama Kayu Kolek berukuran besar langsung menyambut kedatangan wisatawan di puncak. Tulisan ini pun menjadi spot penting yang dijadikan pengunjung sebagai latar untuk berswafoto.
Rasa lelah perjalanan menyusuri lereng Gunung Sago terobati setelah menyaksikan Kota Payakumbuh dari ketinggian. Landscape Kota Payakumbuh terpampang indah dari sini.

Wisatawan juga dimanjakan dengan aneka kuliner di sekitar lokasi Panorama Kayu Kolek. Salah satunya yang khas adalah, itiak lado ijau.

Juga ada bakso bakar, nasi goreng dan makanan ringan lainnya. Harganya pun berkisar Rp 10.000.
Salah satu pengujung Panorama Kayu Kolek, Dian Dika Putri yang datang bersama adiknya Gibran dan Bilqis mengatakan mengetahui tempat ini dari akun instagram @sudutpayakumbuh.

"Tahunya dari media sosial yang membuat saya penasaran pergi ke sini. Setelah sampai panorama ini, terlihatlah Kota Payakumbuh indah sekali dari kejuahan, saya tidak pernah menyangka ada tempat wisata se bagus ini," kata warga Kubu Gadang ini.
Panorama Kayu Kolek, Destinasi Wisata Kekinian di Limapuluh Kota (1)
zoom-in-whitePerbesar
Panorama Kayu Kolek ini sendiri ternyata dibangun pemerintah nagari. Pengelolaannya diserahkan kepada pemuda Nagari Sikabu-Kabu.

Wali Jorong Sikabu Novrizal mengatakan akan menjadikan Panorama Kayu Kolek ini sebagai destinasi unggulan keluarga. Mereka juga akan mengembankan hingga ke bagian timur.

"Objek wisata ini dikelola anak nagari setempat dan pengunjung cukup membayar seikhlasnya. Sehingga pengunjung dapat berwisata sesukanya hingga menjelang matahai terbenam," ujarnya.
Tempat ini memang menjadi alternatif menarik untuk akhir pekan. Menjauh dari segala hiruk pikuk kota dengan menikmati alam.

Wisatawan yang berada di Kota Padang cukup menempuh jarak sekitar 100 kilometer menuju Kota Payakumbuh. Kemudian melanjutkan perjalanan selama 30 menit menuju puncak panorama dengan sepeda motor ataupun mobil.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close