Sarasah Donat, Air Terjun Unik dan Instagramable di Lima Puluh Kota

Sarasah Donat, Air Terjun Unik dan Instagramable di Lima Puluh Kota

Selain deretan pantai memukau, pesona Sumatera Barat juga direpresentasi dengan begitu baik oleh Lembah Harau. Berupa bebatuan granit raksasa di lembah paling subur di Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat tempat ini hampir pasti membius siapapun yang melihat. Namun, benarkah Lembah Harau berisi semata ketenangan?

Adalah Sarasah Donat, air terjun yang siap memecah hening yang posesif menyelimuti Lembah Harau. 

Lokasi Sarasah Donat

Kawasan kota Payakumbuh dan sekitarnya sudah dikenal dengan banyaknya surga alam berupa air terjun. Untuk bisa menjangkau lokasi Desa Tarantang ini, maka akan dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit dari arah pusat kota Payakumbuh. 

Dari Desa Tarantang ini diperlukan waktu perjalanan dengan melakukan trekking sekitar selama 30 menit dengan melewati jalur berupa ladang gambir milik penduduk setempat. 

Pengunjung tentunya juga harus melewati jalur berikutnya berupa sebuah tangga yang cukup tinggi untuk bisa mencapai gua tempat dimana air terjun yang unik dan mungil ini berada.

Perjalanan untuk menuju ke lokasi ini melewati jalanan panjang dan berliku yang jaraknya juga cukup jauh. Disarankan, datang ke tempat ini membawa bekal makanan ataupun minuman, karena tidak ada yang berjualan. Selain itu para travelers agar tetap menjaga lingkungan dari sampah dan tidak merusak alam.

Maka, ada baiknya bagi anda jika berkunjung ke lokasi ini untuk membawa orang-orang yang telah pernah pergi ke tempat ini, atau anda juga bisa ditemani oleh para pemuda setempat yang biasanya akan menawarkan diri untuk menjadi pemandu wisata secara dadakan. 

Air Terjun ini memang tidak terlalu tinggi seperti air terjun lainnya yang ada di kawasan Harau. Akan tetapi, karena keunikan air terjun ini yang sampai masuk ke dalam sebuah goa yang berlobang, maka hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Sarasah Donat, Air Terjun Unik dan Instagramable di Lima Puluh Kota

Ingin berada tepat di bawah air terjun? Maka kamu harus jalan menunduk, lantaran letak Sarasah Donat berada di dalam gua yang lumayan sempit. Jangan lupa membawa senter agar bisa tetap melihat arah dengan jelas selama berjalan di gua.

Sarasah Donat Memiliki Bentuk Seperti Kue Donat

Masyarakat setempat menyebutnya Sarasah Donat karena di air terjun tersebut masuk ke dalam sebuah goa yang ditengahnya terdapat lobang seperti kue donat. Nama itu dirasa sangat cocok untuk menggambarkan keunikan air terjun yang satu ini.

Untuk akses jalur ke tempat ini juga sudah cukup jelas, sehingga anda tidak perlu lagi memusingkan akan tersesat asalkan anda punya niat yang baik dan bila perlu membawa orang yang sudah pernah ke lokasi Air terjun sarasah Donat ini.

Fasilitas Penginapan

Untuk Fasilitas penginapan tak perlu khawatir. Di daerah Harau ini terdapat banyak Home Stay yang sangat bagus. Untuk harga penginapan pun beragam, mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 500.000. 

Semoga Informasi ini bermanfaat.

Jangan lupa untuk di komen dan share ya...

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close