Manfaat Memasang CCTV Outdoor di Perkantoran dan Perumahan

Manfaat Memasang CCTV Outdoor di Perkantoran dan Perumahan

Manfaat Memasang CCTV Outdoor di Perkantoran dan Perumahan
https://unsplash.com/photos/oQD9uq4Rd4I 

Dalam sebuah lingkungan baik di wilayah perumahan maupun perkantoran, pastinya diperlukan yang namanya sistem keamanan. Tujuannya adalah melindungi orang-orang di lingkungan tersebut dari kejadian-kejadian tak terduga yang tidak diinginkan. Memasang kamera pengawas atau CCTV di lingkungan perumahan, perkantoran, industri, dan tempat-tempat lainnya menjadi sebuah tindakan penting untuk mengantisipasi hal-hal buruk.

Tidak hanya di dalam bangunan tapi juga perlu memasang kamera CCTV di luar bangunan. Ada jenis kamera pengawas yang dikhususkan untuk memantau keadaan di luar ruangan yang sering disebut sebagai CCTV outdoor. Jenis kamera pengawas satu ini memang ditujukan untuk penggunaan di luar ruangan dan bisa tahan di segala kondisi cuaca.

Mengenal Apa Itu CCTV Outdoor 

Secara umum, kamera CCTV terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan model dan fitur yang diusung. Namun, secara tata letak penggunaannya kamera pengawas dibagi menjadi dua macam yakni CCTV outdoor dan indoor. Dari sebutan namanya memang sudah menandakan bahwa kedua macam kamera pengawas tersebut diperuntukkan untuk penggunaan yang berbeda. Kamera pengawas outdoor digunakan untuk mengawasi area di luar ruangan.

Kenapa harus menggunakan CCTV outdoor untuk memantau keadaan di luar ruangan? Alasannya karena kondisi cuaca di luar pastikan akan berubah-ubah, sehingga dibutuhkan jenis kamera pengawas khusus yang mampu bertahan dengan baik di segala kondisi. Meskipun terpapar terik matahari dan air hujan dalam jangka yang cukup lama, kamera pengawas outdoor dapat berfungsi dengan baik.

Hal tersebut bisa terjadi karena CCTV outdoor dirancang secara khusus agar tahan terhadap segala kondisi cuaca. Material yang digunakan pun tentunya berbeda dengan jenis CCTV indoor yang aman kamera pengawas outdoor menggunakan material yang lebih solid dan kokoh. Tidak hanya terbuat dari material yang solid, kamera pengawas outdoor juga dibekali dengan sertifikasi IP66 yang menandakan bahwa produk CCTV tersebut tahan terhadap semprotan air dan debu.

Jadi, ketika kamu membeli CCTV outdoor sebaiknya pastikan produk tersebut minimal telah memiliki sertifikasi IP66. Rating IP (Ingress Protection Code) pada sebuah produk baik pada CCTV atau perangkat lain menunjukkan tingkat ketahanan produk tersebut terhadap paparan air. Pada produk dengan rating IP67 menunjukkan bahwa produk tersebut dapat bertahan meskipun terendam air dalam kedalaman 1 meter.

Pituluik Manfaat Memasang CCTV Outdoor di Perkantoran dan Perumahan
https://www.pexels.com/photo/cctv-camera-on-a-post-outside-a-building-3714318/ 

Fungsi CCTV Outdoor untuk Lingkungan Perkantoran dan Perumahan

Pada umumnya, selain memiliki ketahanan tinggi terhadap paparan air hujan dan panas matahari, kategori CCTV outdoor terbaik harusnya mempunyai fitur night vision. Fitur tersebut memungkinkan kamu melakukan capture video di kondisi malam hari dengan pencahayaan rendah. Tidak heran jika harga kamera pengawas outdoor lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis CCTV indoor.

Tidak hanya mempunyai fitur night vision biasanya kategori CCTV outdoor terbaik juga memiliki teknologi infrared LED (Light Emitting Diode). Dengan fitur dan teknologi tersebut membuatnya mampu bekerja dengan baik di segala kondisi cuaca dan pencahayaan. Supaya kamu lebih paham tentang fungsi CCTV outdoor, berikut penjelasannya.

  1. Meningkatkan Sistem Keamanan di Area Lingkungan

Fungsi utama penggunaan kamera pengawas outdoor untuk meningkatkan sistem keamanan di lingkungan sekitar, terutama di perumahan. Dengan memasang CCTV dapat meminum kejadian kejahatan di area lingkungan tersebut. Meskipun ada petugas keamanan yang berjaga, bukan berarti lingkungan tersebut tidak membutuhkan kamera pengawas. Justru dengan adanya kamera pengawas akan membantu kinerja petugas keamanan menjadi lebih efisien.

  1. Memantau Kendaraan dan Orang yang Masuk

Banyak kejadian kriminal yang didasari karena adanya kesempatan untuk melakukannya. Dengan adanya CCTV di area lingkungan tempat kamu tinggal atau bekerja. Kejadian tersebut bisa dicegah karena petugas keamanan dapat memantau kendaraan apa dan siapa saja yang masuk ke area lingkungan tersebut.

  1. Dapat Berguna sebagai Barang Bukti

Hasil rekaman CCTV dapat dijadikan sebagai bukti yang kuat dalam sebuah perkara hukum. Misalnya ketika terjadi pencurian atau perampokan di suatu lingkungan perumahan. Si pencuri atau perampok beserta kendaraan akan tertangkap kamera pengawas. Hasil rekaman tersebut bisa digunakan sebagai bukti untuk mengajukan laporan ke pihak kepolisian.

  1. Memantau Keluar Masuknya Karyawan

Fungsi satu ini dikhususkan untuk lingkungan industri atau perkantoran dengan tujuan untuk memantau siapa saja yang sering keluar masuk ke area tersebut. Dengan adanya CCTV, seorang atasan dapat memantau siapa saja yang sering keluar di jam kerja atau sering terlambat masuk. Jadi, selain berguna untuk meningkatkan sistem keamanan, CCTV juga dapat memaksimalkan kinerja pada suatu perusahaan.

 

CCTV Terbaik dengan Teknologi AcuSense dari Hikvision

Apakah kamu sedang mencari CCTV outdoor terbaik dengan teknologi terkini untuk mencegah peristiwa yang tidak diinginkan? Produk CCTV dengan teknologi AcuSense dari Hikvision bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengamankan properti. Beberapa kelebihan teknologi AcuSense dari Hikvision di antaranya adalah:

  • Alarm Peringatan yang Lebih Akurat

Teknologi AcuSense dari Hikvision memungkinkan CCTV memberikan alarm peringatan saat mendeteksi pergerakan seseorang dan kendaraan yang berusaha masuk ke dalam bangunan. CCTV mampu mendeteksi pergerakan dengan akurat sehingga kemungkinan adanya alarm palsu kecil kemungkinannya. Alarm palsu yang dimaksud biasanya dipicu oleh pergerakan benda-benda yang tidak relevan atau hewan kecil yang berkeliaran.

  • Fitur Peringatan Visual dan Auditori

CCTV dengan teknologi AcuSense akan dibekali dengan fitur peringatan secara auditori dan visual serta fitur audio dua arah. Kamu dapat menyesuaikan fitur peringatan visual dan auditori sesuai dengan kebutuhannya.

  • Pencarian Hasil Rekaman Menjadi Lebih Cepat

Teknologi AcuSense pada produk Hikvision memungkin CCTV mengurutkan hasil perekaman berdasarkan objek yang dipantau yakni manusia dan kendaraan. Dengan keunggulan tersebut akan mempercepat dan memudahkan dalam proses pencarian hasil perekaman.

Apakah kamu tertarik menggunakan produk CCTV AcuSense dari Hikvision? Untuk informasi selengkapnya mengenai produk-produk CCTV outdoor dari Hikvision, kamu bisa langsung mengunjungi website resminya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close