Sistem Deklarasi Bea Cukai Customs Declaration System (CDS) UPU

Sistem Deklarasi Bea Cukai Customs Declaration System (CDS) UPU

Sistem Deklarasi Bea Cukai Customs Declaration System (CDS) UPU, yang dikembangkan oleh Postal Technology Centre (PTC), memfasilitasi penangkapan deklarasi pabean elektronik yang dibuat oleh pelanggan pos, dan pertukaran pesan pertukaran data elektronik,Electronic Data Interchange(EDI) antara administrasi dan antar penyelenggara tertunjuk dan otoritas bea cukai.

Pemberitahuan pabean yang disimpan dalam CDS diubah menjadi pesan EDI (ITMATT) dan dikirim dari administrasi pengirim ke administrasi tujuan. 

Setiap operator meneruskan, melalui pesan EDI, deklarasi ke otoritas bea cukai mereka untuk penilaian risiko dan fiskal. CDS menyertakan versi terbaru dari pesan EDI yang dikembangkan oleh UPU dan Organisasi Kepabeanan Dunia,World Customs Organization (WCO).

Versi pertama CDS

Stéphane Herrmann, manajer akun teknis, UPU, berkata, “Versi pertama CDS dirilis pada tahun 2012 ketika Canada Post meminta PTC untuk mengembangkan solusi untuk pertukaran pesan ITMATT dengan operator lain yang ditunjuk. Mereka menginginkan perangkat lunak yang dapat berintegrasi dengan aplikasi mereka yang lain di kantor pertukaran baru yang sepenuhnya otomatis. Saat ini CDS digunakan dalam produksi oleh 88 administrasi. ”

Selama bertahun-tahun, PTC secara teratur memperkaya aplikasi mengikuti umpan balik operator. “Ini termasuk peningkatan fungsi untuk beradaptasi dengan aturan nasional atau regional. Permintaan CDS dipercepat pada 2019/2020, karena pengiriman pesan ITMATT menjadi wajib mulai 1 Januari 2021, ”tambah Herrmann.

CDS mudah diimplementasikan dan dihubungkan dengan perangkat lunak manajemen surat Sistem Pos Internasional (IPS) yang dikembangkan oleh PTC dan digunakan oleh lebih dari 180 administrasi. “CDS juga dapat berinteraksi dengan aplikasi manajemen surat apa pun yang digunakan oleh administrasi atau aplikasi yang digunakan oleh otoritas bea cukai,” tambah Herrmann. 

CDS dapat digunakan dalam tiga jenis arsitektur

CDS dapat digunakan dalam tiga jenis arsitektur - sebagai solusi perangkat lunak, versi web, atau solusi berbasis cloud. Untuk memfasilitasi pengambilan pemberitahuan pabean, PTC telah mengembangkan 'Kios' - halaman web yang berisi formulir pemberitahuan pabean, dan aplikasi Deklarasi Pabean Data Muka Elektronik untuk Android dan iOS. Pernyataan pabean yang ditangkap melalui Kios dan aplikasi seluler disimpan di CDS.

Menurut umpan balik dari operator dan bea cukai, CDS telah membantu mencapai inspeksi yang lebih sedikit dan pengurusan bea cukai yang lebih cepat, meningkatkan kualitas data dan mengurangi pekerjaan manual. “Memiliki satu aplikasi seperti CDS untuk pos dan bea cukai memungkinkan berbagi informasi secara real time,” tambah Herrmann. “Saat ini kami akan merilis versi sistem berikutnya, CDS 2021. Ini akan mencakup dua pesan EDI UPU tambahan: ITMREF dan REFRSP.”

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close