FUNGSI RUMUS DAY PADA MICROSOFT EXCEL

FUNGSI RUMUS DAY PADA MICROSOFT EXCEL

Selamat datang kembali di blog Cara1Komputer (CK). Blog yang membahas tentang tutorial komputer, tutorial IT, tutorial VB.NET, tutorial microsoft excel, tutorial blog, tutorial youtube, tutorial adsense dan tutorial-tutorial lainnya. Semua yang dirasa bermanfaat pasti admin share di blog ini. Okey kali ini di blog CK admin akan membahas tentang Fungsi Rumus DAY Pada Microsoft Excel.
FUNGSI RUMUS DAY PADA MICROSOFT EXCEL
FUNGSI RUMUS DAY PADA MICROSOFT EXCEL
Ini adalah tutorial lanjutan dari Rumus microsoft excel lengkap yang sebelumnya sudah admin tulis di blog Cara1Komputer (CK) beberapa hari yang lalu. Sebagaimana yang admin janjikan bahwa akan nulis artikel belajar microsoft excel hingga mahir di blog Cara1Komputer ini. Tutorial ms.excel disini akan admin sajikan dengan contoh gambar agar lebih mudah dipahami oleh anda dan tutorial ini sengaja admin sajikan membahas satu persatu rumus dari microsoft excel dengan contoh gambar dan penjelasan agar anda lebih detail untuk memahaminya. Sebelumnya baca dulu pengertian dan perbedaan dari Cell, Row, Range disini. Okey langsung saja ke bembahasan :
Fungsi rumus dalam microsoft excel sangatlah memudahkan bagi anda di dunia kerja. Karena dengan kita mencantumkan rumus dalam sebuah cell, dan ketika data suatu saat berubah, maka cell yang sudah kita cantumkan rumus tadi akan otomatis berubah dengan perhitungan yang tepat. Banyak rumus yang disajikan dalam microsoft excel dan kali ini admin akan membahas tentang rumus DAY yang mana fungsinya adalah untuk mencari hari dari data type date/tanggal (mencari hari dalam angka 1-31). Okey itulah pengertian dari fungsi rumus DAY pada microsoft excel, sekarang mari kita praktekkan agar anda lebih mudah untuk memahaminya.
Desain dulu tabel seperti gambar berikut :

 

FUNGSI RUMUS DAY PADA MICROSOFT EXCEL
FUNGSI RUMUS DAY PADA MICROSOFT EXCEL

 

Dalam contoh tabel diatas, kolom HARI pada sel B4 terisi dengan angka 21. Itu artinya, hari dari tanggal yang ada pada sel A4 adalah 21 atau tanggal 21. Itu adalah contoh tabel sederhana yang sengaja admin buat agar bisa lebih memudahkan anda. Silahkan jika anda mempunyai tabel yang isinya banyak, bisa dicantumkan rumus tersebut. Untuk cara pengisian rumusnya adalah sebagai berikut :
  • Letakkan kursor di cell B4.
  • Kemudian isikan rumus berikut =DAY(A4).
  • Cara membacanya adalah, tampilkan tanggal berapa dari tanggal yang kita tentukan.
  • Oya untuk tambahan trik, jika anda ingin blog banyak cell di microsoft excel, gunakan Shift yang ada di keyboar. Semisal anda ingin blog Cell C4 sampai C200. Maka, letakkan kursor anda di cell C4 kemudian scrol kebawah dan tekan Shift (tahan) pada keyboard dan klik cell C200. Maka Cell C4 sampai C200 akan terblok dengan mudah.
Itulah penjelasan sekaligus contoh penggunaan dari fungsi rumus DAY pada microsoft excel. Demikianlah tutorial yang dapat admin bagikan di blog Cara1Komputer (CK) kali ini. Semoga tutorial Fungsi Rumus DAY Pada Microsoft Excel yang admin tulis di blog Cara1Komputer (CK) kali ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan terimakasih.
Editor: Alber
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close