7 Tempat Wisata Istimewa di Sumatra

7 Tempat Wisata Istimewa di Sumatra

Tempat wisata di Sumatra (Sumatera) sebenarnya tidak kalah menarik dan tidak kalah indah jika dibandingkan dengan tempat-tempat wisata populer di belahan bumi Indonesia lainnya seperti di Bali, Lombok, atau pariwisata pulau Jawa. Setidaknya, ada 7 tempat wisata istimewa di Sumatera yang layak dijadikan sebagai tujuan liburanmu selanjutnya dan patuh kamu pertimbangkan.

Travelling ke berbagai daerah wisata di Sumatera yang menawarkan banyak tempat menarik seperti Padang, Medan, Aceh, hingga Batam, kini semakin mudah. Karena ada banyak maskapai penerbangan yang menawarkan penerbangan langsung dari sejumlah daerah. Sehingga, waktu yang akan kita habiskan di perjalanan bisa lebih singkat dan tidak akan terlalu melelahkan.

Tiket pesawat Batam Padang, Surabaya Medan, Jakarta-Batam, dan berbagai destinasi lainnya tersedia dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan, beberapa diantaranya tergolong sangat murah. Seperti penerbangan Batam-Padang atau sebaliknya, yang berada pada kisaran angka ratusan ribu untuk kelas ekonomi. Sangat layak dipertimbangkan.

7 Tempat Wisata Istimewa di Sumatera

1. Objek wisata Jam Gadang di Kota Buittingi yang ikonik

 7 Tempat Wisata Istimewa di Sumatra
7 Tempat Wisata Istimewa di Sumatra
Jam Gadang di Kota Buittingi

Pergi jalan-jalan tak pernah merugikan. Justru sebaliknya, banyak sekali keuntungan yang bisa kita peroleh. Mulai dari pengalaman, berkenalan dengan sesama traveller, mengenal budaya baru di tempat wisata, bisa belajar bahasa baru, hingga menambah pengetahuan.

Ada banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan, khususnya ketika kita berkunjung ke tempat-tempat yang bersejarah. Seperti salah satu tempat wisata istimewa di Sumatera, yaitu objek wisata Jam Gadang yang berlokasi di kota Bukittinggi.

Meskipun menyisakan banyak kepedihan, namun sejarah masa lampau masyarakat Indonesia tetaplah sesuatu yang harus kita kenang. Ada banyak pelajaran berharga yang bisa kita jadikan sebagai pelecut semangat sebagai anak bangsa dan agar tidak lupa berterima kasih atas jasa dan pengorbanan para pahlawan.

Jam Gadang, yang saat ini merupakan ikon wisata Sumatera Barat merupakan contoh bukti sejarah yang dapat memberikan kita banyak pengetahuan.

Sejarah Jam Gadang Bukittinggi

Kata “Gadang” sendiri berasal dari bahasa Minangkabau yang berarti “besar.” Merujuk pada ukuran 4 buah jam yang terdapat pada menara yang dibangun di pusat kota Bukittinggi Sumatera Barat.

Menurut sejarah, Jam Gadang ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Rookmakar, yaitu sebutan untuk sekretaris Kota Bukittinggi pada zaman pemerintahan Hindia Belanda.

Peletakan batu pertama pembangunan menara Jam Gadang dilakukan oleh putra pertama Rookmakar yang saat itu baru berusia 6 tahun. Pembangunan menara yang menghabiskan biaya sebesar 3000 Gulden ini rampung pada tahun 1926 .

Arsitektur menara, dirancang oleh Yazid Radjo Mangkuto. Yang menarik, pada awalnya bangunan menara jam besar ini tidak menggunakan besi sebagai penyangga ataupun adukan semen, melainkan hanya menggunakan campuran pasir dan kapur saja.

2. Tidak perlu menunggu Tour de Singkarak untuk bersepeda dan menikmati indahnya pemandangan Danau Singkarak

 7 Tempat Wisata Istimewa di Sumatra
7 Tempat Wisata Istimewa di Sumatra
Danau Singkarak

Masih di wilayah Padang, tempat wisata istimewa lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah danau Singkarak yang terkenal memiliki pemandangan sangat indah serta suasana yang tenang dan udara yang sejuk.

Setiap tahun, di sekitar danau ini diadakan lomba balap sepeda yang diikuti oleh pembalap dari seluruh dunia yang diberi tajuk Tour de Singkarak.

Danau ini sendiri adalah jenis danau tektonik yaitu, sebuah danau yang terbentuk akibat aktivitas lempeng bumi. Luas danau ini mencapai sekitar 11.200 hektar dengan panjang tidak kurang dari 20 km dan lebar mencapai 6.5 km. Bagian terdalam dari danau ini mencapai kedalaman 260 meter.

3. Danau Toba yang selalu bisa membuat pikiran dan tubuh terasa relax

 7 Tempat Wisata Istimewa di Sumatra
7 Tempat Wisata Istimewa di Sumatra
Keistimewaan Wisata Danau Toba

Diantara manfaat pergi berlibur ke tempat-tempat yang tenang, yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri adalah, bisa membantu kita merilis stres, menyehatkan jantung, menyehatkan sistem pernapasan, menenangkan pikiran, dan bisa membuat tubuh kita merasa lebih rileks.

Hormon serotonin di otak akan menciptakan perasaan bahagia apabila kita mengunjungi objek wisata yang indah-indah, seperti yang ditawarkan oleh Danau Toba. Liburan ke danau vulkanik ini tidak hanya sebatas mencari kesenangan dan pengalaman belaka, tapi juga akan banyak memberikan keuntungan lain yang kadang tak pernah terlintas sedikitpun di benak kita.

Berbicara soal Danau Toba yang menjadi salah satu tempat wisata istimewa di Sumatera, objek wisata ini semakin populer beberapa tahun belakangan karena akses dan fasilitas ataupun akomodasi yang ada di sekitar objek wisata berkembang semakin baik.

Pemandangan alam yang indah di sekitar danau yang luas adalah daya tarik utama objek wisata Danau Toba di Sumatera. Selain itu, suasananya yang tenang dan asri adalah magnet lain yang sulit ditolak oleh wisatawan lokal maupun tourist mancanegara. Apalagi, jika menyeberang ke Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah danau. Di sana, tak hanya pemandangan indah yang akan kita dapatkan, melainkan ketakjuban akan fakta menarik mengenai Pulau Samosir yang menjadi “pulau di tengah pulau”.

4. Pesona Pulau Tunjuk di Batam yang mengagumkan

Selain wisata alam, pantai adalah destinasi liburan lainnya yang sarat akan manfaat. Bahkan, banyak ahli kesehatan yang sangat merekomendasikan kita untuk sering-sering berkunjung ke pantai dan menikmati wisata bahari. Pasalnya, banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dengan menghirup udara segar di pantai atau ketika kita berada di alam terbuka yang membuat tubuh kita terekspos sinar matahari langsung .

Bukan rahasia apabila pantai merupakan salah satu tempat di bumi ini yang menawarkan udara paling bersih selain hutan. Karena itulah, tidak mengherankan jika liburan ke pantai bisa membantu kita mengurangi tingkat stres, membuat kita lebih sehat, bisa membuat kualitas tidur kita meningkat, dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit dan racun di tubuh, meningkatkan suasana hati (mood), mempercepat proses penyembuhan luka, hingga membuat kulit kita jadi lebih sehat.

Berbicara soal tempat wisata istimewa di Sumatera berupa pantai yang menawarkan keindahan luar biasa, salah satu yang saya rekomendasikan adalah Pulau Tunjuk di Batam. Pulau kecil nan cantik ini keseluruhan bagiannya adalah pantai berpasir putih yang dikepung air laut berwarna biru jernih dan tenang. Di bagian tengah-tengah pulau ini, tumbuh berbagai macam pepohonan yang membuat suasana saat berlibur di sini terasa sangat menenangkan dan menyenangkan.

5. Bukit-Senyum adalah tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan 2 negara

 7 Tempat Wisata Istimewa di Sumatra
7 Tempat Wisata Istimewa di Sumatra

Kota Batam yang lokasinya sangat dekat dari negara Singapura membuat kita yang berada di kota ini, dapat langsung menyaksikan gedung-gedung yang ada di negara Singapura. Jika di siang hari pemandangan yang bisa kita saksikan dari kejauhan hanyalah gedung-gedung belaka, maka di malam hari suasananya jauh lebih dramatis.

Objek wisata Bukit Senyum di kota Batam, merupakan spot populer yang saban malam selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat maupun wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan suasana malam di Kota Batam dengan latar belakang negara Singapura di kejauhan.

Sinar Lampung dan lampu kendaraan yang seolah-olah menari membuat pemandangan malam hari di Bukit Senyum terlihat sangat mempesona dan menakjubkan.

6. Pacu Adrenalin dengan berselancar di Pantai Sorake dan Pantai Lagundri

Mega Wisata Ocarina
Mega Wisata Ocarina

Pergi berwisata ke pantai tanpa melakukan apa-apa selain duduk-duduk menikmati pemandangan tentu akan terasa membosankan dan kurang berkesan. Lain halnya apabila kita mau melakukan kegiatan-kegiatan seru yang bisa menambah kesan liburan sehingga terasa lebih bernilai.

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan ketika travelling ke pantai. Mulai dari jalan-jalan menyusuri pantai, mencari kerang dan atau menyelamatkan binatang laut yang terdampar, berenang, hingga bermain selancar atau ski air akan membuat liburan di pantai terasa lebih sempurna.

Jika kamu berangan-angan untuk mengunjungi objek wisata pantai terkenal di Sumatra yang bisa memacu adrenalin, jangan lewatkan berkunjung ke dua buah pantai yang populer sebagai tempat selancar, yaitu Pantai Sorake dan Pantai Lagundri di Sumatera Utara.

Kedua pantai ini kerap dijadikan sebagai tempat lomba surfing tingkat nasional ataupun internasional, seperti lomba surfing bertajuk Nias Open misalnya.

Di sini, saat besar gelombang mencapai puncaknya, tingginya dapat mencapai antara 7-10 m. Karena itulah, tidak mengherankan apabila banyak peselancar dunia yang kepincut untuk datang dan mencoba gelombang Pantai Sorake dan Pantai Lagundri yang berlokasi di Kabupaten Nias Selatan ini.

7. Isi malammu dengan berkunjung ke Mega Wisata Ocarina

Saat kamu kebetulan sedang berada di Kota Batam, atau ketika kamu memutuskan untuk berlibur ke sini untuk mendatangi beberapa tempat wisata istimewa, jangan habiskan malam-malammu hanya dengan berdiam diri dan tidur di hotel. Tapi, cobalah untuk mengunjungi salah satu tempat wisata terkenal di Batam yang oleh masyarakat sekitar disebut Mega Wisata Ocarina.

Objek wisata ini sepintas mengingatkan kita pada Ancol di Jakarta. Lokasinya yang berada di pinggir pantai, hingga berbagai wahana permainan yang ada di tempat ini, benar-benar membuat kedua objek wisata tersebut tampak sangat mirip.

Selain menikmati keindahan pantai dan udaranya yang sejuk sambil menyaksikan sunset di sore hari, menghabiskan waktu malam dengan menikmati aneka rupa kuliner khas Batam atau mencoba berbagai wahana permainan di sana akan menjadi kegiatan seru yang membuat kegiatan jalan-jalanmu terasa makin sempurna.

Objek wisata yang dibangun di atas tanah seluas 40 hektar ini menyediakan wahana permainan:

  • Bianglala atau Giant Wheel
  • 360 Madness yaitu sebuah wahana permainan ayunan extreme
  • Sky Runner yang menawarkan permainan menegangkan
  • Spin Tower (komedi putar), serta
  • Waterpark yang pasti dapat memberikan keseruan bagi kamu dan keluarga

Editor: Alber

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close