5 Cara Melatih Mental Agar Kuat dan Tahan Banting

5 Cara Melatih Mental Agar Kuat dan Tahan Banting

 5 Cara Melatih Mental Agar Kuat dan Tahan Banting

Mental adalah satu variabel yang sangat penting dalam kehidupan kita. Memiliki mental yang kuat dan tahan banting serta sekuat baja dapat membuat kita menjadi lebih kuat untuk menjalani seluruh rintangan  yang ada dalam kehidupan ini.

Salah satu poin penting bagi seseorang agar bisa sukses di dunia ini adalah dengan memiliki mental yang kuat. Seorang pebisnis yang memiliki mental kendor tak akan mampu bersaing di dunia bisnis dan hasilnya nanti hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga serta fikiran.

Oleh sebab itu kita sebagai makhluk sosial sangat di wajibkan memiliki mental yang kuat. Untuk melatih hal tersebut tentu kita membutuhkan cara untuk mendapatkan mental yang kuat, yang mana akan kita bahas dalam artikel ini:

Berikut ini adalah cara melatih mental agar kuat dan tahan banting versi pituluik media:

1. Selalu Mengingat Tuhan Sang Pencipta Alam

Dengan kita selalu mengingat tuhan, tentu hal ini dapat meyakinkan diri kita bahwasanya kita dapat berubah dari yang kurang baik menjadi yang terbaik. Kita akan sadar bahwa semua manusia yang ada di bumi ini adalah ciptaan tuhan, ada kata-kata bijak mengatakan "orang lain bisa, kita pun pasti bisa".

Maknanya jika orang lain bisa tentu kita pun juga bisa melakukan hal yang terbaik, karena kita hanyalah hamba yang di ciptakan tuhan. Ini pun berlaku untuk seluruh agama, karena semua hal itu bersumber dari fikiran kita. Jika kita yakin, pasti hal tersebut bisa kita capai. 

Contohnya jika bagi yang beragama Islam, selalu lah perbanyak berzikir karena dengan kita berzikir dapat mendekatkan diri kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى. Ini dapat dilakukan setelah sholat lima waktu juga akan lebih baik lagi jika ditambah dengan sholat sunat lain seperti sholat tahyatul masjid, sholat dhuha, sholat tahajud dan salat sunat lainnya.

Dengan begitu kita dapat mencapai kepercayaan diri dan mental yang sangat kuat.

Untuk yang malas-malasan dan tidak patuh akan perintah tuhan dan berlaku untuk semua agama, atau yang tidak mempunyai agama sekalipun cara kedua di bawah juga dapat melatih mental agar memiliki mental yang Strong.

2. Berfikir Positif Untuk Semua Hal

Berfikir positif dapat memberikan stimulan baik untuk otak manusia, sehingga otak dapat bekerja dengan baik dan positif. Bayangkan jika kita selalu berfikir negatif terhadap diri kita, tentu kita akan selalu minder dihadapan orang lain. Lama kelamaan hal ini akan membuat kita menjadi stres dan ujung-ujungnya akan banyak masalah yang.

Selain itu kita juga harus berfikir positif terhadap omongan orang lain, karena dibalik apa yang di bicarakan orang lain terhadap kita itu harusnya menjadi salah satu penyambuk kita agar bisa menjadi orang yang lebih baik. Dan bukan bertingkah sebaliknya, kita membawa ke hati apa yang dibicarakan orang lain. 

So, selalu berfikir positif ya agar kita selalu kuat dan tegar menghadapi tantangan di dalam hidup ini.

3. Mengasah Kemampuan diri

Hal yang paling penting untuk meningkatkan Mental adalah kepercayaan diri. Jika kita tidak percaya dengan diri sendiri menyebabkan mental down, sehingga tentu hal ini akan sulit dalam menghadapi permasalahan hidup. 

Untuk meningkatkan kepercayaan diri, kita harus memiliki kemampuan yang spesifik. Contohnya: kemampuan dalam berbicara, kemampuan dalam berbahasa inggris dan lain sebagainya. Jika hal ini sudah dimiliki akan sangat mudah untuk melatih mental kita untuk jadi lebih baik lagi.

4. Berolahraga Secara Rutin

 Olahraga adalah salah satu cara melatih mental agar bisa lebih kuat baik itu dalam menyelesaikan berbagai macam tantangan. Dengan rajin berolahraga selain membuat tubuh kita sehat, olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan mental kita.

Seperti sebuah kajian yang dipublikasikan Journal of Clinical Psychiatry pada September 2014 menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat menurunkan gejala depresi pada orang-orang berpenyakit mental. 

Namun jika 4 cara di atas masih belum manjur, silahkan gunakan cara ke lima:

Konsultasi dengan psikolog atau psikiater 

Ini adalah cara terakhir dengan berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater, cara ini dapat dilakukan untuk memperkuat mental. Temui psikolog atau psikiater yang ada di terdekat dan berkonsultasilah dengan dia tentang penyakit mental yang dimiliki. Lalu, lakukan semua saran yang terima dari psikolog atau psikiater tersebut.

Nah itulah 5 cara melatih mental agar kuat dan tahan banting. semoga bermanfaat. Silahkan di share dan ikuti terus postingan-postingan dari website ini ya. Terimakasih

0 Response to "5 Cara Melatih Mental Agar Kuat dan Tahan Banting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel