Bahaya Penyakit Diabetes dan Cara Mencegahnya

Bahaya Penyakit Diabetes dan Cara Mencegahnya

Bahaya penyekit diabetes dan cara mencegahnya. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai oleh tingginya gula darah (glukosa) yang ada didalam tubuh. Penyakit ini juga salah satu penyebab meningkatnya kematian (pernyataan Badan Kesehatan Dunia WHO).

Untuk mencegah dari bahaya nya penyakit ini tentu kita harus mempelajari terlebih dahulu tentang penyakit diabetes. Seperti mencari-cari referensi dari buku dan internet tentang penyakit ini, ingat semua penyakit itu ada obatnya asal penangananya tepat. Yang tidak bisa di obati hanyalah kematian seseorang.

Nah, berhubung sekarang ini kita berada di era digital, tentu untuk menemukan sesuatu informasi tidak sesudah di zaman dahulu. Kalau dahulunya kita harus cari-cari buku dampai mengunjungi beberapa toko buku, saat sekarang ini cukup dengan rebahan di kamar dan googling cara mencegah penyakit diabetes.

Dimanakah kita dapat menemukan informasi tentang Bahaya Penyakit Diabetes dan Cara Mencegahnya

Salah satu caranya adalah mengunjungi beberapa web seperti website sehatq yang memiliki daftar direktori penyakit yang lengkap dengan penanganannya. Website ini merupakan salah satu dari web platform tentang kesehatan dengan informasi yang tepercaya.

Bahaya Penyakit Diabetes

Seperti yang dijelaskan di awal, diabetes merupakan penyakit yang dapat mempercepat kematian seseorang. Hal ini dikarenakan, jika diabetes tidak di kontrol dan ditangani dengan baik dapat menyebabkan komplikasi dan tubuh dapat dengan mudah diserang penyakit lain.
Bahaya Penyakit Diabetes dan Cara Mencegahnya

Diabetes sendiri terdiri atas dua

A. Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 ini biasanya ditandai dengan sistem kekebalan tubuh menyerang serta menghancurkan sel-sel pangkreas yang memproduksi insulin. Tentu hal ini dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah, sehingga hal inilah yang menjadi penyebab rusaknya organ-organ yang ada di dalam tubuh kita.

Autoimun, ini lah sebutan untuk diabetes tipe 1. Penyebab terjadinya autoimun ini belum ditemukan oleh para pakar sampai dengan saat ini. Namun dugaan paling kuat penyebab autoimun adalah faktor genetik penderita baik itu dari keturunan maupun dari lingkungan sekitar.

B. Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 ini memiliki kasus paling banyak jika dibandingkan dengan tipe 1 dan sangat sering terjadi. Penyebab timbulnya diabetes tipe 2 ini adalah sel-sel tubuh manusia kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik oleh tubuh.

Menurut data, Diabetes tipe 2 ini memiliki persentase 90-92% jika dibandingkan dengan diabetes tipe 1 di dunia. Selain kedua jenis diabetes ini, terdapat juga jenis diabetes khusus pada ibu hamil yang dinamakan diabetes gestasional. Diabetes kehamilan ini disebabkan oleh perubahan hormon, dan gula darah akan kembali normal setelah ibu hamil menjalani persalinan.
Bahaya Penyakit Diabetes dan Cara Mencegahnya

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Tentu kita semua tidak mau dihinggapi banyak penyakit yang tentunya akan menyebabkan kita stress dan tubuh pun akan semakin down. Nah khusus untuk mencegah penyakit diabetes ini terdapat beberapa metode.

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga penyakit tidak akan mudah menyerang tubuh.  Terapkanlah pola makan sehat dan rajin berolahraga sehingga segala macam penyakit dapat jauh dari kita.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan adalah salah satu cara untuk mencegah penyakit diabetes. Biasanya orang yang berbadan gemuk lebih mudah terserang penyakit diabetes.

3. Rajin Berolahraga

Dengan rajin berolahraga hal ini dapat meningkatkan daya tahan dan membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga hal ini dapat mencegah kita dari penyakit diabetes.

4. Rutin menjalani pengecekan gula darah, setidaknya sekali dalam setahun

Rutin menjalani pengecekan gula darah, hal ini untuk mengetahui kita terkena diabetes atau tidak. Jika kita terjangkit penyakit diabetes dapat di tangani langsung dan tepat.

Nah itulah sedikit informasi tentang Bahaya Penyakit Diabetes dan Cara Mencegahnya. Jika informasi ini bermanfaat silahkan di share ke media sosialnya ya. Terimakasih👏
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close