10 Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

10 Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh
10 Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

10 Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Buah semangka merupakan sumber lycopene, antioksidan, vitamin, dan mineral penting. Manfaat sehat dari buah semangka untuk kesehatan tubuh antara lain sebagai anti radang, menjaga kesehatan mata, mencegah kanker.

Semangka juga memiliki manfaat lain seperti mencegah gangguan ginjal, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan jantung, menurunkan gula darah untuk penderita diabetes, dan berbagai manfaat sehat lain.

Inilah 10 Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

1. Semangka sumber lycopene

Bagian putih atau yang paling dekat dengan kulit semangka adalah bagian yang paling banyak mengandung lycopene1). Semangka mengandung banyak lycopene menyaingi jumlah lycopene dalam tomat. Lycopene bermanfaat untuk kesehatan jantung, kesehatan tulang, dan untuk kecantikan kulit. Karena itu, lycopene banyak digunakan sebagai bahan kosmetik dan produk perawatan kulit.

2. Semangka sebagai anti radang

Kandungan phenolic, flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid dalam semangka adalah agen anti radang yang efektif. Lycopene juga adalah zat penghambat yang baik dari banyak proses inflamasi. Selain itu, lycopene juga merupakan jenis antioksidan yang terkenal dengan kemampuannya dalam menetralkan molekul radikal bebas.

3. Semangka untuk kesehatan mata

Semangka memiliki banyak beta karoten, vitamin C, lutein dan zeaxanthin yang penting untuk melindungi mata dari kerusakan akibat degenerasi makular2). Kerusakan mata akibat denegerasi makular bisa menyebabkan katarak, glukoma, hingga kebutaan.

4. Semangka mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam semangka mampu mengatasi kerusakan DNA akibat radikal bebas. Kerusakan DNA bisa menyebabkan mutasi berbahaya dan terbentuknya sel-sel kanker. Semangka juga mengandung banyak lycopene yang mampu mengurangi resiko terbentuknya kanker usus, kanker prostate, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

10 Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh
10 Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh

5. Semangka mencegah batu ginjal

Semangka memiliki efek diuretik alami yang bisa meningkatkan produksi urine, sehingga membantu mengeluarkan kotoran dari ginjal. Potasium adalah mineral penting untuk membersihkan ginjal3) dari kotoran dan mencegah terbentuknya batu ginjal. Kandungan antioksidan yang banyak dalam buah semangka juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan ginjal.

6. Semangka menurunkan gula darah pada penderita diabetes

Semangka adalah menu sempurna untuk penderita diabetes karena mengandung banyak air dan serat, rasa manis tapi sedikit gula dan dengan sedikit kalori. Serta mengandung banyak vitamin, potasium, magnesium, dan arginine yang membantu mengatur fungsi insulin dalam tubuh, dan menurunkan kadar gula darah4).

7. Semangka meningkatkan kesehatan jantung

Semangka memilki banyak potasium, karotenoid, vitamin C, lycopene, dan beta karoten yang baik untuk kesehatan jantung. Asupan potasium dari sayur dan buah yang cukup bisa menurunkan tekanan darah tinggi sehingga mengurangi resiko terkena stroke dan penyakit jantung. Selain itu, lycopene dalam semangka juga bisa meningkatkan fungsi jantung5), dan beta karoten dalam semangka mampu mencegah gangguan jantung akibat pertambahan umur.

8. Semangka menurunkan tekanan darah tinggi

Jumlah potasium dan magnesium yang banyak dalam semangka berperan penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Potasium mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan arteri, lalu menstimulasi peningkatan aliran darah serta mengurangi stress pada sistem kardiovaskular.

Karotenoid dalam semangka mencegah penebalan dinding arteri dan pembuluh vena, sehingga bisa membantu mengurangi tekanan darah dan mengurangi pembentukan gumpalan darah, mencegah stroke, mencegah serangan jantung, dan mencegah atherosclerosis.

9. Meningkatkan imunitas

Tingginya kandungan vitamin C dalam semangka mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan dari sakit, dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

10. Semangka untuk detoksifikasi tubuh

Sekitar 90 persen bagian dari buah semangka adalah air. Dengan banyaknya kandungan air ini, semangka memiliki manfaat untuk detoksifikasi tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta mendinginkan tubuh dan mencegah heat stroke (sengatan panas) terutama di musim panas.

Semangka juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka, dan meredakan nyeri sendi.

Editor: Alber

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close